Aplikasi Kesehatan & Fitness Gratis Terbaik (Android & iOS) 2016

Mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat terasa gampang-gampang susah. Tapi kalau sudah ada smartphone di kantong… Ah, kalians bisa memilih menghabiskan jutaan rupiah untuk mengikuti program workout, nge-gym, atau berencana diet—atau kalians bisa download aplikasi health and fitness gratisan yang kami rekomendasikan di bawah ini!


1. MyFitnessPal

under-armour-myfitnesspal

Membuat log/diary diet harian menjadi lebih mudah dengan bantuan basis data dari app ini: lebih dari 6 juta makanan beserta informasi nutrisi dari lebih dari setengah juta restoran (dan masih terus bertambah). kalians bisa scan bar code dari produk F&B dengan kamera smartphone untuk download data langsung ke food diary (bisa membantu program weight loss juga lho). App akan mengingat makanan yang paling sering dimakan. Fitur resep pada app ini juga akan menghitung seberapa sehat sebuah sajian makanan sembari kita menginputkan semua bahan makanan yang diperlukan.

kalians akan mendapat informasi jumlah protein, karbohidrat, dan lemak yang kamu makan. Sinkronisasikan dengan activity tracker, app ini kemudian akan menyarankan harus makan berapa kalori, berdasarkan apa yang ingin kamu raih, pertahankan, atau mengurangi berat badan dalam waktu berapapun lamanya (kamu yang menentukan sendiri). Setelah itu, track progress kamu.

Download gratis di: iOS, Android, Windows Phone, dan Desktop; myfitnesspal.com


2. Sworkit

sworkit-ios

Nama app ini adalah singkatan dari “simply work it” dan memang sesuai namanya. Pilih workout cardio, strength, yoga, atau stretching, dan berapa lama waktu yang kamu punya (lima menit hingga satu jam), dan Sworkit akan memandumu ke sebuah sesi dengan video dan panduan workout dalam bentuk suara. kalians juga bisa berkonsultasi dengan personal trainer berpengalaman, dengan biaya sangat terjangkau.

Download gratis di: iOS dan Android; sworkit.com


3. Sleepbot

sleepbot-ios-android

Diagnosa defisit tidurmu dan bangun tidurlah dengan segar dengan bantuan app ini. Sebuah motion tracker dan sound recorder bawaan smartphone yang diimplementasikan pada app ini akan memonitor berapa lama kamu tidur, berapa lama kamu bangun, seberapa restless (contoh: susah tidur), dan apa yang mengganggu tidurmu. Smart alarm akan berbunyi ketika kamu lagi berada di siklus light sleep stage, sebuah waktu/kondisi dimana bangun tidur sehat.

Download gratis di: iOS dan Android; mysleepbot.com


4. Calm

calm

Meditasi membantu menghilangkan stress dan kondisi tubuh yang tidak baik. Tapi kalau kamu tidak tahu meditasi ngapain, app dan website ini akan memandu kita bermeditasi dengan berbagai lama waktu. Kamu bisa juga menyalakan suara-suara alamiah yang merelaksasi, seperti rintik hujan yang mengenai daun, atau ombak yang menyapu pantai.

Kamu juga tidak perlu lama-lama kok (pas buat yang sibuk!), karena peneliti di University of Melbourne menyatakan bahwa orang yang sedang bekerja yang menyempatkan 40 detik untuk beristirahat dan berfokus pada alam, akan meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. #excited

Download gratis di: iOS, Android, dan Desktop; calm.com


5. OneRx

OneRX-ios

App ini akan membandingkan harga obat-obatan yang tertera di resep dokter atau apapun lah yang penting resep. Kamu juga bisa memfoto kartu asuransimu, kemudian OneRx akan memberikan resep obat estimasi berdasarkan plan asuransi, beserta harganya.

Download gratis di: iOS dan Android; onerx.com


6. Sugar Sense (by MedHelp)

sugar-sense-ios

Apabila Anda penderita penyakit gula (diabetic), pre-diabetic, atau sekedar ingin hidup sehat, track gula darah Anda adalah vital hukumnya. App ini akan merekam kadar gula darah sehari-hari dan akan menampilkan estimasi level HbA1C anda.

Anda juga bisa melihat tampilan komprehensif dari kadar glukosa dalam seminggu terakhir, dua minggu terakhir, sebulan terakhir, dan 90 hari terakhir. Anda juga bisa menyinkronkan step tracker dengan app ini dan input carb intake untuk melihat bagaimana gaya hidup Anda berdampak pada kadar gula darah.

Download gratis di: iOS dan Android


7. C25K

C25K-app

Bahkan seorang yang terus-terusan makan keripik di sofa juga bisa workout lho, lari hingga 5K dengan program yang realistis dan well-paced dari app ini. App ini menawarkan jadwal training selama 8 minggu (3 workout dalam seminggu) yang didesain secara spesifik untuk yang bukan pelari aktif untuk membangun daya tahan (endurance) dan kekuatan (strength).

Anda bisa memilih atau selang-seling antara jalan kaki dan lari. Saat sudah hari terakhir di delapan minggu program, Anda akan lari (setidaknya) 5K yang tidak pernah terpikirkan kalau bisa dilakukan juga oleh non-runners.

Download gratis di: iOS dan Android; c25kfree.com


Setelah menulis artikel ini, jujur saya menjadi tertarik dan ingin memulai hidup baru yang lebih sehat dengan bantuan apps di atas. Apa kamu juga sama?

Yang paling penting adalah determinasi, konsistensi dalam praktek. Apapun bantuan yang digunakan. Tidak peduli itu gym, personal trainer dll… atau download apps di atas.

TTD dari karnivora yang gak suka makan buah tapi dalam hati nurani pengen jadi fruitarian 😆 😀

Aplikasi Kesehatan & Fitness Gratis Terbaik (Android & iOS) 2016 | maria teguh | 4.7