7 Rekomendasi Aplikasi Gratis Terbaik untuk Manajemen Uang

Ogah panik setiap bulannya karena cicilan, tagihan, utang dll? Smartphonemu bisa membantu. App manajemen keuangan seperti Mint akan membantumu mencatat semua pengeluaran bulanan dan membuat budget, sehingga kamu punya uang cadangan kalau-kalau butuh, tanpa harus galau di akhir bulan. Berikut ini tujuh diantaranya yang akan direview dan memberikan solusi menabung yang mudah.


1. YNAB

YNAB app

YNAB app

You Need A Budget atau app YNAB ini lebih dari sekedar app untuk menampilkan pengeluaran kita, tapi tujuannya adalah mengubah kebiasaan dan perilaku kita terutama yang terkait dengan keuangan. Dengan app ini, diharapkan kita bisa memiliki tabungan sehingga bisa berhenti dari kehidupan dapat-gaji-untuk-bayar-utang alias gali lobang tutup lobang, hingga terbebas dari hutang. YNAB juga menawarkan nasehat dan bantuan, ada forum komunitasnya juga.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod touch, Android phones, tablets dan desktop app


2. Spendee

160629_GAL_BudgetApps_Spendee

Pernah menanyakan ke diri sendiri “uang saya kemana aja ya?” Ini adalah app yang cocok untuk menampilkan jawaban dari pertanyaan tadi. Spendee akan mencatat semua transaksi keuanganmu, berapa banyak uang yang dihabiskan untuk keperluan spesifik, seperti bayar sewa dan kebutuhan atau belanja sehari-hari.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod Touch, Android phone & tablet


3. Level Money

Level Money app

Level Money app

Walau kamu tahu uang apa saja yang ada di rekening bankmu, bisa jadi hal yang susah lho untuk memperkirakan berapa yang bisa kamu habiskan dengan bertanggung jawab setiap harinya atau setiap bulannya. Disinilah gunanya Level Money yang akan menyesuaikan saldo rekeningmu dengan jumlah yang “bisa dihabiskan” dalam satu bulan setelah menyesuaikannya dengan biaya sewa, belanja harian, dan biaya seperti listrik, pulsa, bensin, dll. Juga goals menabungmu.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod touch, Android phone & tablet


4. DollarBird

Dollarbird app

Dollarbird app

Kalau kamu sudah terbiasa mengorganisir kehidupan sehari-harimu dengan agenda (atau app/hal lain yang berbasis kalender), DollarBird adalah app dengan pendekatan sejenis.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod touch, Android phone & tablet


5. Unsplurge

Unsplurge app

Unsplurge app

Unsplurge adalah app manajemen keuangan yang tidak neko-neko -simpan goal spesifik, misal: traveling ke Eropa, atau gadget baru-. Kemudian update terus progress menabungmu. App akan mengingatkan kita untuk menabung. Kita bisa juga berkunjung ke komunitas Unsplurge untuk kisah sukses, saran, dan tips dari pengguna lain.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod touch


6. Digit

Digit app

Digit app

Digit sudah selangkah lebih maju dibanding mayoritas apps keuangan lainnya. Tidak hanya menyarankan kita untuk menabung lebih di akhir bulan, app ini akan otomatis menganalisis pengeluaran dan pendapatan kamu, kemudian menyimpannya sebagian kecil untuk ditabung. Otomatis.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod Touch, Apple Watch. Android nyusul.


7. Prosper Daily (dulunya BillGuard)

160629_GAL_BudgetApps_ProsperDaily

App Prosper Daily akan menandai transaksi kartu debit dan kartu kredit yang mencurigakan dan tidak diinginkan. Contohnya adalah biaya berlangganan yang tidak kita kenali. App juga akan memberi kita notifikasi ketika ada kebocoran data di tempat kamu belanja sebelumnya.

Bisa di-download untuk iPhone, iPad, iPod touch, Android phone & tablet


Honorable mention: Brbagi dulu pernah pake Money Lover (Android) untuk memisahkan pengeluaran dan pemasukan pribadi dan dari kerjaan. Tapi sekarang sudah nggak, males hehehehe :’) jangan ditiru ya :’) sebagus apapun app-nya, kalau kita tetep males ya jadi gak bagus :’)

7 Rekomendasi Aplikasi Gratis Terbaik untuk Manajemen Uang | maria teguh | 4.7