10+ Aplikasi Wajib bagi Travelers! (Android & iOS)

Top 10 apps esensial bagi para traveler (edisi 2016) — Tidak semua trip harus memutus segala hubungan digital. Ada waktu dan tempat untuk tidak berkutat dengan gadget, tapi traveler masa kini tahu dong kalau smartphone bisa menjadi ko-pilot yang sempurna saat traveling.

Setiap tahun, aplikasi travel yang bermanfaat, praktis & kenapa-baru-tahu-app-ini-sekarang selalu bermunculan. Beberapa akan membuat perjalananmu lebih cepat. Beberapa akan membuatnya lebih mudah. Beberapa membuatnya lebih murah. Sedangkan yang lainnya akan mencatat dan merekam semua petualangan Brbagixers plus membagikannya ke teman dan keluarga saat pulang.

Berikut ini daftar apps travel terbaik yang bisa di-download gratis di 2016. Buruan download, terus packing buat ngetrip 😀


Hopper

rekomendasi-app-traveler-hopper

Hopper merupakan app award-winner yang akan memprediksi kapan harga tiket pesawat akan naik dan memberi kita push notifications untuk mengabari kita ketika penerbangan yang akan kita tempuh lagi murah-murahnya. Travelers dengan tanggal berangkat fleksibel bisa menggunakan kalender berwarna untuk mengetahui harga tiket pesawat termurah dalam satu bulan.

Fitur lainnya (selain best deals), Hopper juga akan memberitahu penerbangan mana yang berubah (misal berubah bandara atau yang lain). Pengguna juga bisa menyimpan data saat kita membeli tiket (passengers info) dan info pembayaran sehingga kalau sewaktu-waktu mau pesen lagi, lebih cepet deh.

Download Hopper for iOS or Android.


Citymapper

rekomendasi-app-traveler-citymapper

Citymapper adalah app transportasi urban yang keren banget. Perencanaan perjalanan dari A ke B menjadi mudah dengan fitur real-time departure, disruption alerts, transit maps, line status updates, dan estimasi waktu kedatangan. App ini mengcover semua moda transportasi saat traveling: jalan kaki, naik subway, bus, kereta api, kapal feri, taksi, bahkan carpool atau bikepool (?).

Terintegrasi juga dengan Uber dan Lyft pula. Citymapper memiliki database informasi yang lebih detail daripada Google lho. Walau komprehensif, tapi app ini masih fun dan mudah digunakan kok.

Download Citymapper for iOS or Android.


Google Translate

rekomendasi-app-traveler-google-translate

Google Translate ini sesepuh kalo di bidang apps travel (dan bidang lainnya sih 😛 ). Brbagixers bisa mendownload language packs sehingga kamusnya bisa dipake walo smartphone lagi offline (waktu roaming tanpa WiFi) dan translasi visual instan dengan berbekal kamera smartphone.

Ada juga fitur translasi pembicaraan dua arah di Conversation Mode (ngobrol dengan foreigner jadi lebih sip). Google Translate bisa juga membaca karakter yang ditulis tangan dan langsung diubah ke format digital.

Download Google Translate for iOS or Android.


XE Currency

rekomendasi-app-traveler-XE-currency

XE sebelumnya sudah populer karena merupakan website konversi mata uang, karenanya ketika keluar versi app-nya, tidak perlu diragukan lagi. Travelers bisa menemukan exchange rate atau konversi mata uang apa saja dalam hitungan detik + beberapa kali tap.

App ini juga menyimpan rate yang terakhir diupdate sehingga masih bisa berfungsi saat offline. Bagi para traveler pebisnis, ada beberapa fitur lain yang berguna seperti rate untuk logam mulia dan histori charts mata uang.

Download XE Currency for iOS or Android.


PackPoint

rekomendasi-app-traveler-packpoint

PackPoint adalah tool keren yang bisa membantu Brbagixers packing. App ini akan membuat daftar packing custom berdasarkan lama ngetrip, cuaca di tempat tujuan, dan aktivitas apa saja yang Brbagixers rencanakan. Daftar packingmu bisa di-share dengan travelers lain yang galau mau packing apa aja. Terintegrasi juga dengan Evernote dan TripIt ↓.

Download PackPoint for iOS or Android.


TripIt

rekomendasi-app-traveler-tripit

TripIt ini ibaratnya agensi travel, tapi muat di saku. App ini benar-benar memudahkan, karena bakal mengkonsolidasikan semua rencanamu di satu tempat. Yep, setelah app nge-scan semua inbox di email (konfirmasi order), TripIt akan membuatkanmu sebuah itinerary yang mudah dimengerti, mencakup: penerbangan, hotel, sewa mobil, tiket/booking untuk event. Itinerary bisa di-share dengan lebih dari satu kontak, jadi lebih gampang untuk booking group travel.

Download TripIt for iOS or Android.


HotelTonight

rekomendasi-app-traveler-hoteltonight

Brbagixers tipe traveler yang easy going dan spontan? Buruan download HotelTonight. Dengan app ini, booking hotel keren di menit-menit terakhir jadi mungkin, karena app ini sudah bekerjasama dengan pihak hotel dan langsung mengupdate kamar-kamar yang kosong. Brbagixers bisa booking pada hari H atau H-7 sehingga lebih fleksibel, harga masih terjangkau, dan dari akomodasi hotel terbaik.

Download HotelTonight for iOS or Android.


Splittr

rekomendasi-app-traveler-splitter

Kalau sekedar apps untuk menghitung urunan sih banyak. Tapi Splittr ini aplikasi pembagi pengeluaran yang didesain khusus untuk travel. Cukup tambahkan pengeluaran sambil lalu dan Splittr akan memberitahu siapa yang akan membayar dan siapa saja yang harus membayar untuk task-task tertentu. Saat kelar ngetrip, Splittr akan meng-generate report yang bisa dikirim via email ke teman travelingmu. Yang mantap lagi, semua mata uang di-support oleh app ini dan bisa dicampur juga.

Download Splittr for iOS.


LoungeBuddy

rekomendasi-app-traveler-loungebuddy

Lounge bandara tidak melulu untuk traveler jangka panjang dan penumpang kelas satu. LoungeBuddy membantu travelers menemukan tempat beristirahat, tetep produktif, menyegarkan diri, atau memang nongkrong aja karena LoungeBuddy punya database lebih dari 500 bandara di seluruh dunia.

Input detail perjalananmu dan membership apapun yang Brbagixers punya, kemudian app akan memberikan daftar lokasi yang bisa diakses secara gratis, atau dengan biaya yang terjangkau.

Download LoungeBuddy for iOSor Android.


LiveTrekker

rekomendasi-app-traveler-livetrekker

Anggap ini adalah jurnal travel digital. LiveTrekker akan meng-capture, share, dan mengkonsolidasi semua media digital yang Brbagixers hasilkan selama perjalanan di atas peta interaktif.

App akan melacak rute yang dilewati dengan garis merah (bisa juga me-monitor kecepatan dan arah tujuan, kalo lagi bolang). Tambahkan foto, video, audio, dan teks sepanjang perjalanan, membuat sebuah diary travel multimedia yang bisa dibuka lagi sewaktu-waktu atau di-share dengan yang lain.

Download LiveTrekker for iOS or Android.


Honorable mentions dari para traveler lain (Brbagixers juga bisa menambahkan di kolom komentar!):

Trip Splitter (Download untuk iOS

Biar senantiasa tahu diri (stay on budget selama traveling). Selain untuk tracking dan splitting expense di mata uang apapun (kayak Splittr), app ini bisa juga merekam pergerakan dan membuat peta perjalanan.

Simply Declare (Download)

App untuk tracking pembelian kita waktu traveling dan berurusan dengan custom/bea cukai. Mudah digunakan dan membantu beut.

TripCase (iPhone, Android, Apple Watch)

Sejauh ini sangat membantu untuk traveling personal maupun bisnis. Akan memetakan seluruh perjalanan, termasuk detail penerbangan dan hotel disertai nomor konfirmasinya. Travelers juga bisa check in dan order UBER ke bandara/hotel langsung dari app ini.

Maps.Me (Android & iOS)

Maps.Me menyimpan peta secara offline dengan GPS sehingga travelers dapat melihat lokasi dan petunjuk arah dari peta. Ada data semua jalanan dan bahkan jalur pendakian maupun informasi lain yang dibutuhkan seperti ATM, rumah sakit, restoran, dan akomodasi. Extremely powerful app.

10+ Aplikasi Wajib bagi Travelers! (Android & iOS) | maria teguh | 4.7