Belajar Coding Jadi Mudah Berkat 5 Aplikasi Gratis Ini

Coding. Penting bagi anak-anak yang berminat, dan untuk orang dewasa yang ingin bisa berbuat banyak di dunia digital ini.

Untungnya, banyak apps keren di luaran sana yang bisa membantu kita maupun anak untuk belajar coding. Biasanya melalui pendekatan membuat aplikasi sendiri, atau cara memerintah robot. Apps berikut didesain sedemikian rupa sehingga belajar coding menjadi lebih mudah. Nah, penyedia apps juga sudah membagi level.. untuk mahasiswa misalnya, atau siswa, atau dengan level skill tertentu. Ini dia beberapa aplikasi belajar coding terbaik yang ada.


1. SoloLearn

app-belajar-coding-mudah-gratis-sololearn

Yang satu ini merupakan banyak apps sih gak cuma satu, tiap app didesain untuk bahasa pemrograman spesifik. Apps mereka memiliki rating tinggi di Google Play dan App Store, ya karena dinamis, interaktif, dan menawarkan pendekatan yang bagus untuk belajar dasar-dasar coding. Ya mungkin satu masalah dengan apps ini adalah kamu harus memiliki objektif atau tujuan mengenai apa yang ingin kamu pelajari. Kalau kamu ingin belajar membuat halaman website (contoh), coba saja memulainya dengan mendownload apps untuk HTML dan CSS. Kalau mau membuat app Android, ya belajar Java.

App ini memiliki banyak pelajaran coding yang lengkap dengan quiz dan checkpoint. Kamu akan mendapat nilai setiap kali menyelesaikan satu bagian, yang didesain agar memotivasimu mengulang bagian tersebut supaya mendapat nilai sempurna. Ada leaderboard online juga lho, jadi pengguna seluruh dunia skor-nya bisa saling adu. Semuanya gratis.~~

Download app belajar coding SoloLearn untuk ANDROID // IOS //WINDOWS PHONE // WEB


2. Udacity

app-belajar-coding-mudah-gratis-udacity

Udacity menyediakan pembelajaran untuk ratusan topik berbeda (selanjutnya disebut nanodegree aja yak) jadi tidak hanya coding, just in case kalau kamu bosen. Udacity mengklaim layanannya merupakan yang terbaik dari yang lain karena dalam membuat kurikulum pembelajarannya, mereka bekerja dengan banyak korporasi, salah satunya Google. Sebagian besar nanodegree di Udacity gratis, yang bayar paling sertifikatnya.

Walaupun bayar, tapi menurut Brbagi worth it kok. Karena setelah kamu menyelesaikan nanodegree, kamu berprospek untuk kerja di perusahaan besar seperti AT&T.

Download app belajar coding Udacity untuk ANDROID // IOS // WEB


3. Tynker

app-belajar-coding-mudah-gratis-tynker

Kalau di Udacity belajarnya lebih serius, tidak halnya dengan Tynker. Lebih santai. Karena Tynker membuat kita belajar coding dengan pendekatan membuat game sendiri. Jadi buat anak-anak juga bisa. Tampilannya berkonsep drag and drop sederhana. Apabila pemain tidak menyelesaikan sebuah level, akan muncul petunjuk bagaimana agar pemain bisa improve dan memainkan level yang sama kembali.

Antarmukanya membuat konsep programming jadi lebih mudah dimengerti. Tapi, kalau buat anak-anak, pastikan anak Anda sudah bisa membaca dan bisa mengoperasikan gadget ya 😀

Download app belajar coding Tynker untuk ANDROID // IOS // WEB


4. Encode

app-belajar-coding-mudah-gratis-encode

Tampilan Encode boleh jadi cukup dasar, tapi kalau soal coding, Encode menyediakan materi mendalam. Keunggulan Encode adalah menyediakan materi coding dari awal yang benar-benar dasar, menawarkan konsep yang berbeda yang bisa dipahami dengan cepat, bahkan kalau kita hanya punya waktu luang beberapa menit.

Setelah konsep dasar, kita bisa move on ke konsep yang lebih advanced, seperti bahasa pemrograman JavaScript. Pembelajarannya interaktif dan app akan memberi timbal balik setelah menyelesaikan satu lesson, sehingga kalau kurang puas, kita bisa mengulang dan lebih memahami konsepnya.

Download app belajar coding Encode untuk ANDROID


5. Khan Academy

app-belajar-coding-mudah-gratis-khan-academy

Khan Academy sudah menjadi media yang sangat populer untuk mempelajari banyak hal di smartphone maupun tablet. Gretong pula. Tidak hanya belajar coding, banyaaaak sekali yang bisa dipelajari di Khan.

Mungkin, satu-satunya kelemahan Khan Academy adalah course-nya dibuat oleh pengguna juga (bukan tim khusus), jadi kualitasnya ya… gitu lah ya lol. Tapi sudah cukup sih Brbagi rasa. App ini juga mencakup hampir semua bahasa pemrograman yang banyak digunakan, seperti “Intro to HTML/CSS: Making webpages” dan “Intro to JS: Drawing and Animation”. 

Download app belajar coding Khan Academy untuk ANDROID // IOS // WINDOWS PHONE // WEB

Tags: aplikasi belajar coding, aplikasi android untuk belajar coding, aplikasi belajar coding pc, aplikasi coding pc
Belajar Coding Jadi Mudah Berkat 5 Aplikasi Gratis Ini | maria teguh | 4.7