Belajar Fotografi GRATIS bareng Harvard University!

Kalo resolusimu tahun ini adalah bisa motret foto lebih baik dari yang sekarang (sering nge-blur, komposisi kurang pas, dsb), buruan deh cek MOOC alias Massive Open Online Course dari Harvard University berikut.

Kampus dimana Mark Zuckerberg dan Bill Gates sempat nyicipin ini sudah upload semua materi fotografi di ALISON – salah satu repositori terlengkap untuk online learning courses. Link nya di bawah ya.

Materi pembelajarannya terdiri dari 12 modul yang mencakup dasar-dasar fotografi: dari software fotografi hingga komposisi dan pencahayaan. Ada modul ke-13 untuk evaluasi semua materi. Kalau kamu lulus kursus online ini dengan nilai 80 atau lebih, kamu bisa dapat ijazah atau sertifikat diploma yang bisa di-print dan dipigura. Lumayan lho, dari Harvard pula wkwk.

(C) Michelle Spencer

Memang, kampus lain seperti UCLA, Yale, atau Princeton sudah ngeluarin kursus online gratis sebelumnya. Hanya saja mayoritas di bidang pendidikan dan sains. Kalau kali ini yang dari Harvard kan di bidang industri kreatif, jadi seneng deh.

Belajar fotografi gratis, sekarang 😀

Belajar Fotografi GRATIS bareng Harvard University! | maria teguh | 4.7