Cara Kalibrasi Kompas pada Google Maps Android

Agar kompas pada app Google Maps di Android dapat bekerja semestinya, kita harus melakukan kalibrasi kompas secara sempurna. Caranya?

Kan di luaran sana ada beberapa aplikasi navigasi yang tersedia di Android, tapi menurut Brbagi, yang paling bisa diandalkan ya Google Maps punya Google. Berdasarkan pengalaman, Google Maps kadang gagal memberi kita navigasi yang pas. Ternyata akibatnya adalah kalibrasi kompas yang belum sip.

Biasanya, setiap kali Google Maps update, app akan meminta untuk kalibrasi kompas seperti pada gambar di bawah ini:

Ketiga cara seperti gambar di atas sebenernya kurang tepat. Ada cara yang lebih sip untuk kalibrasi kompas di Google Maps, walau begitu bukan yang paling efektif, tapi boleh lah dicoba kalo bingung sama yang di atas. Yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan metode kalibrasi Figure-8 yang sudah populer, yang akan dijabarkan setelah ini.

Langkah-langkah kalibrasi kompas di Google Maps (Android)

  1. Buka Google Maps di smartphone Android kamu.
  2. Tahan smartphone di depanmu, setinggi lengan lah kira-kira.
  3. Gerakkan lengan sehingga membentuk pola figure-8.  
  4. Pas ngelakuin langkah 3, pastikan kamu gak mengubah arah menghadap smartphone kamu.

Kalau sudah, Google Maps akan mengumpulkan detail-detail lokasi dan akan melakukan kalibrasi kompas dengan benar. Semoga berhasil ya. (megebyte/jig)

Tags: cara kalibrasi maps, cara kalibrasi kompas android, cara kalibrasi google maps, cara kalibrasi map, kalibrasi maps, kalibrasi kompas android, cara kalibrasi kompas, cara kalibrasi google map, kalibrasi kompas, cara mengkalibrasi maps
Cara Kalibrasi Kompas pada Google Maps Android | maria teguh | 4.7