Cara Keramas yang Baik dan Benar

Berita buruk: Selama ini kamu keramas dengan cara yang salah. Beginilah cara yang benar — Mungkin kamu lagi berpikir, “Heh, bagaimana bisa cara keramasku salah? Diberi sampo hingga berbusa, bilas, ulangi. Gitu kan?” SALAH! Faktanya, ada beberapa hal yang dilakukan dengan cara yang salah ketika ingin keramas dengan baik. Ini dia cara keramas yang baik dan benar menurut Living Proof dan Amanda Elser.

1. Pastikan kamu menggosok/menyikat/menyisir (brushing) rambut sebelum pergi ke shower (bagi yang berambut tidak keriting). Brushing rambut dikala kondisi rambut kering akan mengurangi jumlah wet detangling yang harus dilakukan kemudian, yang otomatis mengurangi rambut rontok.

2. Kamu tidak perlu menaikkan rambutmu ke atas kepala waktu memberi shampoo. Soalnya, nanti bakal tercipta lebih banyak ikatan dan friksi. Lebih baik shampoo nya ditaro di tangan sebelum diaplikasikan ke kulit kepala. Gunakan shampoo pada rambut dengan pergerakan zig-zag agar kotoran dan minyak hilang, kemudian bergeraklah hingga ke ujung rambut.

3. Jangan skip conditioner! Tidak peduli seberapa berminyak (atau seberapa bagus) rambutmu, jangan di-skip ya conditioner nya. Keramas dengan shampoo adalah tindakan abrasif, sedangkan conditioning bertujuan untuk rehidrasi, mengembalikan, dan mencegah rambut kusut. Kalau kamu skip conditioner-nya, rambutmu bisa sedikit kusut, yang berakibat waktu nyisir bakal lebih keras dan bisa berakibat serius.

4. Jangan memilih shampoo hanya karena baunya enak! Perhatikan juga ingredients nya, seperti sodium lauryl ether sulphate atau sodium laureth sulphate.

5. Keramaslah dengan menggunakan air hangat. Menggunakan air (super) panas akan mengakibatkan kutikula berkurang. Kutikula yang tinggal sedikit akan membuat warna rambut cepat kusam dan look kamu menjadi lebih frizzy. Bilas dengan air dingin untuk mencegah kutikula pergi dan rambut menjadi tidak begitu frizzy serta lebih bercahaya.

6. Hindari menyisir rambut ketika masih basah. Rambut kita bisa melar hingga 50% dari panjang aslinya waktu basah. Artinya, Kalau sibuk memisah-misah rambut, ada kemungkinan rambut rontok lebih besar. Kalaupun harus menyisir rambut ketika basah, gunakan sisir yang basah, atau sisir dengan gigi besar. Mulailah menyisir dari bawah sampai ke atas.


Ribet ya, hihi…

Cara Keramas yang Baik dan Benar | maria teguh | 4.7