Tips & Cara Bermain Game Pokémon Go (untuk Pemula)

Pokémon Go lagi banyak diperbincangkan nih. Setuju kan? Nah, bagi kamu yang tidak begitu yakin apa itu Pokémon, postingan ini layak kamu baca dan share ke yang lain.

Pokémon Go adalah game baru iOS dan Android yang booming saat ini. Kenapa? Hmm… gampangnya, apa yang diceritakan di anime atau game Pokémon, sekarang bisa kita alami secara langsung di dunia nyata, dengan bantuan teknologi Augmented Reality. Masih belum ngeh? Lihat game trailer-nya Pokemon Go aja kali ya biar afdol. Nih.

Video lainnya bisa kamu cari di YouTube langsung. PewDiePie misalnya, pastinya sudah cobain nih game.

Bagi para gamer pemula (atau bukan), para orangtua, non-fans, ini dia sebagian besar pertanyaan dan jawaban yang berhasil Brbagi kumpulkan. Semuanya tentang tips dan cara bermain game Pokemon Go di iOS dan Android.


Dimana kita bisa mendownload Pokemon Go?

Pokemon Go bisa di-download secara gratis di iTunes (untuk iOS) dan Google Play Store (untuk Android). Kamu hanya perlu menekan tombol download untuk mulai meng-install game ke smartphone kamu. Berikut link nya.


Cara mulai main game Pokemon Go

Kamu bisa mulai bermain dengan menghubungkan akun Google ke game. Log in aja.

Opsi lainnya adalah membuat akun Pokemon Trainer Club. Recommended.

Game ini mewajibkan smartphone kita untuk selalu terkoneksi ke internet agar bisa memainkannya, jadi kalau kamu sedang tidak di area WiFi atau gak punya kuota paket data, kamu gak bisa login. Daaaaaan, karena masih baru, jadi performa server-nya ya gitu deh…


Cara main game Pokemon Go

Keunggulan terbesar dari Pokemon Go adalah: untuk memainkannya, kita harus benar-benar bangkit dari singgasana nyaman kita dan keluar rumah baru bisa bermain. Game ini akan menuntun kita terus kok, asalkan sinyal GPS di smartphone oke. Nanti, berbekal sinyal itulah game akan tahu dimana posisi kita, dan dimana Pokemon terdekat yang ada di sekitar kita.

Dengan kata lain, untuk mengoleksi Pokemon, kita harus menggerakkan tubuh kita. Avatar pada layar akan berpindah-pindah sesuai dengan posisi kita di dunia nyata. Agar karakter (selanjutnya disebut Pokemon Trainer atau Trainer saja) di Pokemon Go bisa berpindah/berjalan, maka kita sebagai pemain juga harus berjalan betulan.

Tampilan Pokemon Go

Tampilan Pokemon Go

Kalau sudah paham, kamu akan mulai mengeksplor peta yang ada di layar. Berikut ini panduannya.

  1. Kompas: bisa menyesuaikan arah di Map View. Kamu bisa berganti antara arah sudut pandang ke utara dan rotasi otomatis, yang mengikuti arah sudut pandangmu. Kamu juga bisa merotasi dengan gestur sentuhan.
  2. Gyms: Lokasi dimana gamer melatih dan battle Pokemon.
  3. PokéStops: Lokasi dimana Trainers bisa mendapatkan item seperti Poké Balls, Potions, atau Eggs.
  4. Trainer: karakter/avatar kita para gamer.
  5. Ikon Profil: menampilkan progress dan achievement gamer.
  6. Main Menu: disini kamu bisa mengakses pengaturan, item, Pokédex kamu, toko, dan opsi menu Pokemon.
  7. Nearby Pokémon: menampilkan Pokemon liar yang ada di sekitar kita.

Apa itu Pokemon?

Kalau-kalau ada anak, teman, atau sanak saudara yang tanya begitu, yang perlu diketahui tentang Pokemon adalah… Pokemon merupakan makhluk yang terinspirasi dari tumbuhan, hewan, dan benda lainnya. Setiap Pokemon memiliki atribut, skill, dan kebiasaan yang berbeda. Pokemon juga bisa berevolusi ke Pokemon yang baru dan lebih kuat setelah latihan khusus.

Pada game Pokemon seperti Pokemon Go, tujuannya adalah menangkap semua Pokemon (ada 151 Pokemon berbeda) untuk ditambahkan ke koleksi pribadimu. Kalau sudah begitu, julukanmu adalah Pokémon master.


Cara mencari dan menemukan Pokemon

Tetaplah jalan-jalan di sekeliling luar dalam rangka mengumpulkan Pokemon. Pocket monsters imut-imut akan muncul di peta sewaktu-waktu kamu bertemu dengannya. Meteran di pojok kanan bawah memberitahumu Pokemon mana yang dekat denganmu. Kalau digambarkan dengan siluet, berarti itu Pokemon baru yang bisa kamu tangkap.

Menemukan Pokemon bisa jadi hal yang sulit, terlebih di area yang terisolir. Pokemon lebih sering muncul di rerumputan dan semak-semak, menjadikan Pokemon Go pendamping yang pas ketika lagi camping. Kalau kamu melihat satu di peta, tap saja dan kamu akan dibawa ke tampilan baru yang memperlihatkan Pokemonnya.

Kemudian kamu bisa mengambil gambar si monster untuk seru-seruan, atau swipe bola merah-putih di bagian bawah layar untuk mencoba menambahkannya ke koleksimu. Nah, menangkap Pokemon ini kegiatan yang tricky, kerahkan seluruh kemampuanmu untuk membidik ke bagian tengah Pokemon. Lama-kelamaan pasti tertangkap kok.

Kamu bisa menangkap Pokemon sampai… terserah sih. Secapeknya.


Cara agar bisa terus main Pokemon Go

Ya, game nya harus dibuka terus agar kita bisa main. Game tidak akan berjalan di background sistem. Artinya, kalau mau main ya harus membuka game nya dulu terus login ulang (kalau servernya error).

Layar smartphone jadinya juga nyala terus waktu main game. Nguras baterai? Pasti.

Juga bakal latihan jadi zombie nih… Maksudnya, jalan sekeliling komplek sambil nunduk mulu gitu liat HP…


Gimana cara login ke game Pokemon Go?

Ada 2 cara. Yang pertama dan yang gampang: pake akun Google kamu.

Cara kedua, bisa dengan sign in (atau daftar dulu kalau belum punya) akun Pokemon Trainer Club yang bakal diberi beberapa keistimewaan, seperti berlangganan newsletter bulanan yang kadang-kadang menyertakan kode download khusus untuk Pokemon yang langka.


Bisa tidak menamai & customize trainer/avatar saya?

Bisa dong. Nickname hanya terdiri dari huruf dan angka. Tidak boleh kembaran sama yang lain, kayak username gitu deh.

Untuk customize tampilan trainer, ada beberapa warna kulit, warna rambut, dan outfit yang bisa dipilih. Pilihannya tidak sebanyak Pokemon X & Y sih tapi…


Apa kita nanti dapat starter Pokemon?

Ya.

Setelah trainer punya nama, Profesor Willow (Pokemon scholar di game ini) akan mengajarimu menangkap Pokemon. Beliau akan memberi kita open map dimana disitu ada Bulbasaur, Charmander, dan Squirtle yang muncul. Trainer bisa memilih di antara 3 itu, kemudian tangkap deh.


Cara mendapatkan Pikachu sebagai starter Pokemon

Masih berkaitan sama FAQ sebelumnya ↑

pokemon-go-pikachu-starter-pokemon

Ketika Professor Willow menyuruhmu memilih starter Pokemon, trio Pokemon starter bakal muncul. Nah, kalau kamu tidak memilih Pokemon dan tetep terus jalan, trio tadi bakal menghilang, tapi bakal muncul lagi.

Triknya: Disini bagian menantangnya. Bisa dapetin Pikachu, bisa tidak. Kalau kamu bisa tidak memperdulikan kehadiran trio starter Pokemon hingga empat kali, waktu re-spawn, Charmander, Bulbasaur, dan Squirtle akan muncul kembali dengan membawa teman baru… Pikachu!

Kalau sudah muncul, kamu bisa mengajak Pikachu battle seperti biasa. Sebagai referensi, butuh 45 menit buat Brbagi untuk jalan-jalan sampai Pikachu muncul. Tapi, setelah Pikachu nya berhasil ditangkap, server Pokemon Go crash. *berkata kotor*

Tapi karena sudah kepalang basah, ngulang deh sampai dapat. Hehe. Totally worth it!

pikachu-starter-pokemon


Bisa tidak Pokemon-nya dikasih nama?

Bisa. Caranya, pergi ke menu Pokemon dan edit aja nama-nama monster-monster imut itu.


Gimana cara menangkap lebih banyak Pokemon?

Sudah dijelaskan sih sebenernya. Sembari kamu traveling/cuma jalan-jalan, nanti kan di map bakal ada rerumputan yang di dalamnya ada Pokemon sembunyi. Indikator Pokemon bakal nyala di peta, dan tap untuk battle.

Battle disini tidak antara 2 Pokemon sih, melainkan battle antara Pokemon dan kemampuanmu nge-swipe sebuah Poke Ball.


Dimana bisa dapat Clefairy, Pidgey, Horsea, atau …..

clefairy-pokemon-go

Inti dari Pokemon Go adalah travel ke sekitar, eksplor area geografis berbeda untuk menemukan Pokemon yang pantas sesuai perjuangan. Di kota kecil, ya bakal nemu Pokemon yang ‘normal’ dan sejenis Bulbasaur gitu deh.. Yang biasa di rerumputan. Kalau pergi ke area berair, akan mengundang Pokemon tipe air. Main Pokemon Go waktu malam, kesempatan bertemu dengan Pokemon nokturnal seperti Clefairy dan Gastly semakin besar.


Apa ada items yang bisa membantu menemukan, menangkap, dan melatih Pokemon?

Ada banyak items yang bisa dibeli yang berguna untuk menangkap dan mengupgrade Pokemon. Ada di shop. Yang paling kentara tentu saja Poke Balls. Ada juga items seperti:

  • Incense: Items yang mengandung wewangian misterius yang seakan membujuk Pokemon liar mendekat ke lokasimu. Bereaksi selama 30 menit. Incense bersifat individual, tidak seperti Lure Module yang bisa dipakai banyak orang.
  • Lucky Egg: Double XP selama 30 menit.
  • Egg Incubator: Sebuah perangkat yang bisa menginkubasi sebutir telur sembari kamu jalan-jalan sampai siap menetas. Bisa digunakan hingga 3 kali.
  • Lure Module: Sebuah module yang menarik perhatian Pokemon ke PokeStop selama 30 menit. Trainer lain yang berada di sekitar PokeStop juga bisa merasakan manfaatnya.
    Lure module adalah semacam umpan untuk Pokemon yang dipasang di Pokestop. Nah, semua trainer di Pokestop tersebut juga merasakan efek lure tersebut.
  • Potion: Item untuk menambah nyawa (HP) Pokemon setelah bertarung.
  • Pokeball: Bola penangkap Pokemon. Terdapat tiga jenis bola di game ini, yaitu Pokeball, Greatball, dan Ultraball.
  • Egg Incubator: Egg incubator berfungsi untuk menetaskan telur berdasar jarak yang ditempuh. Makin besar kilometer yang ada di telur, semakin gampang nemu Pokemon langka.
  • Pokedex: Glosarium Pokemon nih. Semakin banyak kamu memperoleh jenis Pokemon, akan makin banyak pula data yang didapat dan bisa dipantengin di Pokedex.

Setiap items bisa dibeli menggunakan Pokemon Coins atau PokeCoins yang… harus dibeli dengan uang sungguhan. Berikut daftar harga PokeCoins.

daftar-harga-pokecoins-pokemon-go


PokéStop itu apa?

Pokestop merupakan pemberhentian bagi para trainer. Di sini kamu bisa mendapat berbagai item seperti Pokeball, egg, potion, dan revive.

PokeStop adalah lokasi ditandai yang muncul di sekitar kita. Ditandai dengan marker berwarna biru pada peta. Jika kita ngeklik marker, maka akan muncul gambar dari bangunan, monumen, taman, atau tempat lainnya. Swipe gambar tersebut dan seringkali kamu akan dapat banyak items seperti Poke Balls atau Pokemon Egg yang ketika menetas bisa menambah koleksi Pokemon kamu.

Dalam game, gampang kok menemukan PokeStop ini. Lucunya, Brbagi mendapat beberapa feedback (dan pengalaman pribadi), kalo kebanyakan PokeStop di Indonesia adalah di tempat ibadah, khususnya masjid dan gereja. Wkwkwk

Kalau kamu adalah Pokemon Trainer sejati dan berencana traveling hingga keliling dunia, fans-fans Pokemon di seluruh dunia telah membuat peta panduan agar kamu bisa merencanakan traveling memburu Pokemon dengan mantap.

PokeStop juga -terkadang- tempat terbaik untuk berburu Pokemon. Ketika kamu menemukan Pokemon dengan bunga-bunga pink mengelilinginya, itu artinya pemain Pokemon Go lain sedang memakaikan Lure Module ke Pokemon tersebut. Yaa, semacam sinyal untuk kita pergi ke PokeStop tersebut.


Di Pokemon Go ada gym dan gym battle kan ya?

Ada, dan sistem battle nya mengalami banyak perubahan. Gym tersebar di banyak tempat di seluruh dunia, sama seperti PokeStop. Trainer harus setidaknya ada di level 5 untuk bisa battle dengan trainer lain. Battle nya satu lawan satu.

Setiap Pokemon memiliki kekuatan bertarung masing-masing yang berbeda dan bisa dinaikkan menggunakan items. Tapi battle sudah tidak se-klasik game Pokemon lain yang memilih satu di antara empat move yang digunakan untuk menyerang musuh. Cara menyerangnya adalah dengan tap Pokemon dan swipe untuk menghindar dari serangan musuh.

Gym sendiri merupakan tempat battle bagi para trainer. Selain battle, tempat ini digunakan sebagai tanda bahwa tim tertentu sedang menguasai area ini.


Apa saya bisa battle dengan Pokemon teman saya?

Sementara ini belum bisa. Battle yang bisa dilakukan saat ini hanya di gym.


Terus, gimana caranya agar Pokemon saya bertambah kuat?

Sepertinya, saat ini cuma dengan items. Ada banyak items power-up yang bisa kamu beli untuk menaikkan kemampuan bertarung Pokemon kamu. Kalau mau evolusi, juga butuh items khusus. Tapi, EXP bisa didapat dengan battle versus Pokemon liar, yang bisa juga untuk menaikkan level trainer.


Bisa trading/tukeran Pokemon gak?

Saat ini belum. Tapi developer Pokemon Go, Niantic, berjanji menambahkan fitur untuk trading di update masa depan. Kamu bisa mentransfer Pokemon ke Professor Willow, tapi itu sih sama saja melepaskan Pokemon ke alam liar lagi.


Professor Willow ganteng gak si?

Yaa… kalo menurut saya sih, Professor yang paling ganteng di seluruh serial game Pokemon 😛 Profesor cogan…

professor-willow-pokemon-go


Selain gym battle dan menangkap Pokemon, bisa ngapain lagi di Pokemon Go?

Ada medali-medali yang bisa kamu kumpulkan dan dapatkan ketika menyelesaikan misi tertentu, contohnya seperti menangkap sejumlah Pokemon tertentu dari tipe tertentu, atau sudah berjalan di jarak tertentu.

Ada juga kesempatan untuk membuat gym sendiri atau bergabung dengan gym milik trainer lain, menghasilkan game yang lebih kompetitif dan sosial. Harus level 5 dulu tapi.


Seberapa banyak baterai terkuras untuk main game Pokemon Go?

Berdasar pengalaman Brbagi, berkurangnya baterai masih bisa ditolerir kok, hampir sama dengan saat main game lainnya. Tapi Brbagi juga baca-baca, katanya banyak juga yang hapenya cepet ngedrop gegara Pokemon Go. Masuk akal, mengingat layar harus on terus, GPS juga, paket data juga.

Di Settings, ada opsi untuk menghemat baterai, sedikit banyak membantu lah. Sebuah fansite Pokemon Go juga telah memberikan 9 tips menghemat baterai saat main game Pokemon Go.


Main Pokemon Go apa boros kuota?

Sudah disinggung sedikit sebelumnya, main Pokemon Go berarti butuh koneksi internet yang stabil dan sinyal GPS dinyalakan. Kalau tidak pakai WiFi, lumayan juga sih kuotanya. Relatif sih.


Punya screenshot Pokemon Go yang lucu-lucu gak?

Ada banyak nih. Magikarp nya melas banget… Semuanya screenshot yang diambil di waktu dan tempat yang tepat 😛

Sumber: LINE dan Subreddit Pokemon Go Snap


Capek, segitu dulu ya 😀 Mau menambahkan pertanyaan, jawaban, atau share soal Pokemon Go? Komen aja di bawah, Go!!!

Tags: cara main pokemon go, nama trainer pokemon, cara main pokemon sn ap
Tips & Cara Bermain Game Pokémon Go (untuk Pemula) | maria teguh | 4.7