Cara Mengambil Scrolling Screenshot di Android atau iOS

Mengambil scrolling screenshot dibutuhkan ketika kita ingin nge-SS… misalnya satu halaman web secara penuh dari atas sampai bawah; atau SS isi chat tanpa terpotong.. semuanya gitu, panjang.

Yep, akan tiba saatnya ketika kita butuh mengambil screenshot dari suatu hal yang terlalu panjang/tinggi untuk bisa muat di layar smartphone. Contohnya? Website. Satu artikel berita penuh contohnya. Nah, gimana caranya tuh mengambil scrolling screenshot?

ilustrasi scrolling screenshot

ilustrasi scrolling screenshot

Kalau untuk mengambil satu halaman web penuh, biasanya Brbagi menggunakan tool berbasis web. Yang paling sering Brbagi gunakan adalah web-capture.net. Atau bisa juga pakai add-ons Chrome/Firefox. Tapi bagi yang ingin opsi praktisnya untuk smartphone, bisa dilihat rekomendasi di bawah.


Cara Mengambil Scrolling Screenshot di Android

Stitch & Share merupakan aplikasi gratis untuk mengambil scrolling screenshot di Android dengan mudah. Proses kerjanya, S&S akan mengambil banyak screenshot terlebih dahulu kemudian nanti di-edit olehnya secara otomatis agar menghasilkan satu gambar memanjang. Setelah selesai, bisa langsung kamu share deh.

stitch-share-scrolling-screenshot-android

Download gratis APK Stitch&Share


Cara Mengambil Scrolling Screenshot di iPhone/iPad

Mirip S&S, Tailor adalah app iOS gratis bagi siapapun yang membutuhkannya. Sistem kerjanya sama, Tailor akan mengambil beberapa screenshot kemudian menggabungkannya menjadi satu menjadi gambar yang seamless dan rapi. App Tailor bagus untuk menggabungkan screenshot gambar daftar to-do list yang panjang; artikel; petunjuk arah; histori chat; dll.

tailer-scrolling-screenshot-ios-iphone-ipad

Download gratis Tailor (App Store)


Kini, mengambil scrolling screenshot sekilas adalah hal yang remeh; sampai di waktu kamu butuh, baru merasa bahwa artikel ini penting 😛 ketika hal tersebut datang, download aja Stitch & Share atau Tailor. Atau apps sejenis. Atau menggunakan bantuan website seperti web-capture.net. Terserah. Semua gretong 😀

Tags: cara screenshot panjang tanpa aplikasi, cara screenshot panjang, aplikasi screenshot panjang, cara screenshot memanjang, cara memvideo scroll, cara screenshot full chat, aplikasi untuk nge scroll chat dll, cara screenhot bergerak iphone, cara screenshoot chat, scroll screenshot apk
Cara Mengambil Scrolling Screenshot di Android atau iOS | maria teguh | 4.7