Cara Mengetahui dan Mencegah Pencuri WiFi

Apakah koneksi WiFi mu kadang lemot atau tiba-tiba tidak responsif? Masa iya kuota habis? Kalau kamu tidak merasa, bisa jadi loh ada yang numpang WiFi alias nyolong. Nantinya, postingan ini akan membahas beberapa tips dan trik untuk mengecek siapa yang menggunakan internet kita dan bagaimana cara agar WiFi lebih aman. Tapi sebelumnya, Brbagi kasih intermezzo dulu ya.

Router atau WiFi hub adalah device terpenting dalam jaringan internetmu, karena doi bertanggung jawab mengelola semua device dan koneksi di satu jaringan tersebut. Device berbentuk kotak kecil ini akan menghubungkan jaringan telepon (ADSL) atau fiber optik dan kemudian memberikan koneksi nirkabel (wireless) ke device lain. Gampangannya, doi ini penjaga gerbang lah.

Setiap device yang terhubung dalam jaringan (smartphone, laptop, printer, dll) punya yang namanya MAC address berbeda dan unik. Info MAC address tadi diteruskan ke router, kemudian router memberikan alamat IP unik untuk tiap MAC address alias tiap device.

Cara Mengetahui Siapa Saja yang Terhubung Pada WiFi kita

Cara melihat setiap device (via MAC address) lewat router ini berbeda-beda untuk tiap model router. Jadi silakan gugling terpisah aja yah. Tapi secara umum seperti ini.

Hal pertama yang dilakukan adalah log in ke router. Bisa lewat web browser di device apapun, asal konek dengan network tersebut. Alamat IP dan password yang harus dimasukkan saat login bisa berbeda tergantung deh, tapi biasanya seperti 192.168.X.XXX. Untuk pastinya, buka command ipconfig di Windows atau gunakan app konfigurasi WiFi untuk Android untuk menemukan alamat IP default gateway. Nah, password adminnya biasanya ada di box router atau di dalam user manual. Ato gugling, banyak yang share kok.

Setelah masuk, kita kan mau ngakses laman MAC address nih. Biasanya keselip di menu Advanced Settings. Cari aja yang ada kata-kata “MAC address” atau “MAC address filtering” nya yang bisa aja di dalam settingan Firewall. Ini contoh laman MAC address:

contoh laman MAC address

Kalau sudah masuk, kamu bisa melihat berapa banyak device yang terkoneksi dalam jaringan kita. Hitung-hitungan sederhana aja sesuai dengan jumlah device yang konek. Nah, kalau beda, bisa jadi ada device yang numpang. Kalau ingin lebih presisi, ya sesuaikan MAC address di laman dengan yang ada di device.

Contoh: cara melihat MAC address di Android bisa di Settings > About device > Status. Sedangkan kalau di Windows, ada di command ipconfig.

Kesulitan? Pakai app aja. Banyak kok. Kalau Brbagi biasa pake Ping Tools kalau di Android. Berikut ini rekomendasi app Android gratis yang bisa kamu andalkan untuk mengelola jaringan internet:

  • Wi-Fi Inspector  – bisa melihat IP dan MAC address dari semua device yang terhubung dengan WiFi, baik itu berkabel maupun nirkabel.
  • Fing Network Tools – bisa melihat lebih mendetail mengenai semua device dan router yang terhubung dalam jaringan.
  • IP Tools: Network utilities  – app diagnosis lanjut untuk semua koneksi jaringan, juga termasuk fitur pemindai LAN untuk melihat siapa saja yang satu network dengan kita.

Tapi, sayangnya cara ini hanya memperlihatkan device yang publik. Walaupun ada orang-orang jahil yang membuat device-nya privat.

Cara mengamankan WiFi (agar tidak dicolong orang)

Cara pertama ya, jelas… di-password. Hampir semua router sekarang sudah diberi password WiFi sih. Kalau merasa password WiFi kamu sudah di-hack oleh tangan jahil, ganti aja dengan password yang lebih kuat (bisa pake password generator).

Untuk lebih mengamankan jaringan, pilihlah opsi password key WPA2(AES) terenkripsi, karena (konon) jauh lebih aman dan lebih susah di-crack.

Cara mengganti password router WiFi? Log in aja kayak tadi pas lihat MAC address. Hampir semua setting bisa ditemukan di menu Security Settings atau Advanced Settings.

WPA network keys menawarkan keamanan terbaik untuk WiFi rumahan. Jangan pilih WEP keys ya kalau bisa.

WPA network keys menawarkan keamanan terbaik untuk WiFi rumahan. Jangan pilih WEP keys ya kalau bisa.

Hampir semua router juga dilengkapi fitur MAC address filtering untuk mengizinkan atau mem-blok akses device spesifik. Bisa dipake untuk memblok device si orang jahil tadi (kalau sudah tahu MAC addressnya).

Tapi tetep, yang namanya teknologi tidak ada yang sempurna. Walau sudah di-blok, tukang colong WiFi ini ada yang tidak kehabisan akal. Bisa menggunakan app pengganti MAC address atau di-spoof. Terutama bagi mereka yang bisa membuka enkripsi password WPA 128 bit. Password yang aman dan rumit lebih penting daripada MAC filtering ya gaes.

Semoga seupil tips mengenai Cara Mengetahui dan Mencegah Pencuri WiFi ini bisa bermanfaat ya. Kalau punya pengalaman sendiri terkait pengamanan jaringan, boleh banget lho di-share tips, trik, nasehat, maupun solusi di kolom komentarrrsss! ♥ ↓↓↓

Cara Mengetahui dan Mencegah Pencuri WiFi | maria teguh | 4.7