Cara Mengubah Smartphone Menjadi Headset Virtual Reality

Lupakan Oculus Rift, HTC Vive Pre dan PSVR – smartphone bisa juga jadi headset VR kok, dengan bantuan headset berharga terjangkau (atau bisa bikin sendiri), Brbagixers bisa zoom dan merasakan video 360 derajat dan ngebunuh alien via VR.

Memang VR adalah sesuatu yang tergolong baru, tapi sudah mulai bermunculan apps dan games VR gratis yang bagus-bagus. Berikut ini langkah-langkah cara menyulap smartphone menjadi headset VR.

1. Cek kompatibilitas & kit (part 1)

google cardboard, via techradar.

google cardboard, via techradar.

Kit virtual reality yang bisa Brbagixers gunakan dengan smartphone bergantung pada jenis smartphone-nya. Kalau punya Samsung Galaxy keluaran tahun 2015-2016 (contoh), device Gear VR sudah jelas kompatibel. Kalau smartphone lain, pakai Google Cardboard atau sejenisnya juga bisa.

Retailer online seperti Amazon punya banyak sekali koleksi headset VR untuk smartphone. Carilah yang kompatibel dengan smartphone Brbagixers. Berdasar pengalaman sih, hampir selalu bisa menemukan headset VR yang kompatibel dengan berbagai merk smartphone.

2. Cek kompatibilitas & kit (part 2)

gear vr, via techradar.

gear vr, via techradar.

Selalu double check kompatibilitas kit VR dengan smartphone kamu ya. Jangan lupa di cek reviewnya juga jadi gak salah beli. Di luaran sana bahkan ada juga headset VR untuk tablet lho!

Biasanya, semakin mahal kit VR nya, bakal lebih nyaman; bahannya bagus; lensa-nya berkualitas tinggi.

3. Ngepasin ke smartphone (part 1)

merakit google cardboard, via techradar.

merakit google cardboard, via techradar.

Di mayoritas headset VR, cukup masukkan smartphone ke ruang yang disediakan untuk mulai. Kalo ragu, dibaca dulu aja petunjuk penggunaan yang disertakan. Brbagixers kemudian bisa menyesuaikan straps nya (kalo ada) biar lebih pas di kepala.

Misal, kalau Brbagixers beli headset VR mirip-mirip Google Cardboard (yang ini beli di Minkanak) maka harus dirakit dulu headset VR nya. Semua set yang kompatibel dengan Cardboard memiliki QR code yang bisa digunakan untuk kalibrasi smartphone di dalam viewer.

Download petunjuk membuat headset VR sendiri dari Google Cardboard

4. Ngepasin ke smartphone (part 2)

lensa samsung gear vr, via techradar.

lensa samsung gear vr, via techradar.

Kalau Brbagixers memilih Gear VR atau headset pre-built lainnya, langkah-langkahnya lebih mudah dan langsung aja tancepin smartphone ke slot kosong di headset VR. Nanti ada klip untuk menyesuaikan case agar pas dengan ukuran smartphone Samsung.

Selalu pastikan smartphone sudah aman sebelum dipakaikan di kepala (daripada jatoh terus nangis ntar). Satu hal lain yang harus diperhatikan adalah overheating pada smartphone (karena VR memang cukup menguras baterai). Aktifkan mode penerbangan atau cara lain untuk menghemat baterai.

5. Mulai!

tampilan awal vr, via techradar.

tampilan awal vr, via techradar.

Sekarang waktunya menginstall beberapa app virtual reality ke smartphone.

Google Cardboard butuh app Cardboard untuk Android atau iOS. Gear VR akan menginstall app Oculus otomatis ketika Brbagixers konek smartphone pertama kali.

App Cardboard memiliki banyak konten VR yang terus bertambah, app Oculus juga sama.

6. App pihak ketiga dan konten lainnya

game vr di android, via techradar.

game vr di android, via techradar.

Sembari terus berkembang, sudah mulai banyak konten video 360 derajat di YouTube dan photosphere Street ViewVrse, Hardcode dan Fulldive VR adalah tiga dari aplikasi terbaik yang wajib didownload untuk viewer VR seperti Cardboard.

Kalau di Oculus Store sih lebih ‘niat’ gitu kontennya. Kami merekomendasikan Esper 2, Viral, Land’s End dan Herobound untuk pemula.

7. Mengendalikan VR experience

kontrol vr, via techradar.

kontrol vr, via techradar.

Kontrol untuk headset berbeda-beda tergantung pabrikannya. Banyak viewers Cardboard basic hanya punya satu tombol NFC, Gear VR menyediakan sebuah trackpad sebagai tambahan. Secara teori, games dan apps VR bisa dikendalikan dengan kontroler Bluetooth, tapi gak tau lagi kompatibilitasnya.

Banyak action dikendalikan dengan pergerakan kepalamu, disertai tombol fisik untuk melakukan seleksi dll. Kalau Brbagixers mau beli controller ekstra, cek kompatibilitasnya dulu ya.

8. Ngoprek VR lebih lanjut

trinus vr, via techradar.

trinus vr, via techradar.

Pastinya Brbagixers bisa upgrade ke VR yang ‘lebih serius’ seperti HTC Vive atau Oculus Rift kalau pengen merasakan sensasi lebih dari sekedar VR smartphone. Tapi sebelum (beli/upgrade) itu, oprek dulu, cobain Homido atau Freefly VR misalnya.

Salah satu rekomendasi sensasi VR smartphone tingkat lanjut ditawarkan oleh Trinus VR yang memanfaatkan software untuk streaming PC games standar menjadi style headset Cardboard dan mengonversikannya ke sensasi VR. Kalau Brbagixers mencari rekomendasi yang tengah-tengah (antara budget tidak banyak dan VR tingkat lanjut), boleh sih dicoba inimah.

Cara Mengubah Smartphone Menjadi Headset Virtual Reality | maria teguh | 4.7