Cara merawat sepatu berbahan suede

Tidak hanya sepatu dan sneakers, pada dasarnya sih apa saja yang berbahan suede juga bisa paling. Suede ini adalah bagian dalam kulit sapi (atau kambing atau hewan ternak lain) yang melalui proses khusus.

Sepatu dengan bahan suede bisa dipakai untuk segala suasana, formal atau santai. Kesan ketika dipakai juga mewah bin mahal. Namun, diperlukan perawatan ekstrayang gampang-gampang susah.

Kalau sepatu suede kamu hanya kamu letakkan di rak sepatu yang tidak tertutup dan tidak berpelindung, sepatu bakal gampang berdebu. Debu tadi bisa membuat warna suede memudar. Tapi simalakama juga, mengingat kalau sepatu suede diletakkan dalam kotak atau ruangan (lembap), sepatunya bisa jamuran, bahkan mengelupas ūüôĀ

Cara membersihkan sepatu suede

Pakai sabun yang tidak mengandung detergen. Sabun kecantikan moist kali ya. Kenapa? Karena tekstur bahan suede sangat berbeda dengan fashion item lain yang biasanya bahannya katun. Kalau dicuci pakai detergen, lem dan warna sepatu bisa rusak.

Perawatan sepatu bahan suede agar bisa awet dan tahan lama

puma rihanna x puma suede creepers

Pakailah sikat berbulu lembut. Sepatu suede boleh disikat waktu dicuci, tapi sikatlah dengan bulu lembut. Sikat gigi misalnya. Sikat permukaan sepatu secara satu arah dengan disertai sabun khusus. Kalau sudah, lap dengan kain microfiber yang memiliki permukaan yang lembut.

Jangan disiram ya. Ini dia kesalahan fatal mencuci sepatu suede, yakni dengan disiram air. Bersihkan bagian yang kotor dengan perlahan menggunakan sikat. Jangan direndam apalagi.

Cukup diangin-anginkan. Cara membersihkan sepatu suede yang benar, setelah dicuci, sepatu diangin-anginkan saja. Karena sebentar saja sudah kering kok. Tidak perlu diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, karena akan merusak lem sepatu.

Lap dengan air hangat. Sebelum sepatu kembali disimpan, lap sepatu dengan air hangat setelah dipakai supaya debu-debu yang menempel hilang.

Simpan sepatu di tempat terbuka. Sepatu yang sudah selesai dilap/dibersihkan bisa disimpan di rak terbuka agar tidak lembap. Kalau disimpan di dalam lemari, beri silica gel. Jangan ditumpuk dan disusun terlalu berdempetan dengan yang lain.

Good luck!


Wejangan dari Rockickz Dry Clean & Recolouring

Cara merawat sepatu berbahan suede | maria teguh | 4.7