Download 15 Emulator Konsol Game Terbaik untuk Android

Konsol game jadul/lawas/retro mulai dari SNES hingga PlayStation, sudah banyak sekali game yang keren dan ikonik, beberapa diantaranya bahkan menjadi standar game masa kini. Dengan emulator, gamers bisa memainkan game retro kapanpun gamers mau asalkan ada Android.

Brbagi sudah pernah memberikan rekomendasi game retro terbaik untuk Android, kini saatnya memberi rekomendasi emulator konsol game terbaik untuk Android. Namanya juga emulator, perlu dicatat bahwa kadang emulator bakal berjalan mulus memainkan game jadul, kadang juga tidak.


1. C64.emu

emulator-konsol-game-terbaik-android-c64emu

Kalau kamu suka atau sekedar kepingin main game di Commodore 64, emulator Android yang paling stabil saat ini ya C64.emu. Emulator ini support hampir semua format dan bisa bekerja dengan baik untuk fitur C64 tertentu seperti multi-disc. Untuk mengoperasikannya memang harus terbiasa dulu, tapi kalau sudah bisa, sejauh ini Brbagi gak ada masalah. Emulator ini juga support mode sound FastSID dan ReSID, hampir semua kontroler gaming, dan (harusnya) bisa untuk mode landscape maupun portrait. Butuh alternatif C64.emu? Ada nih, namanya Frodo C64.

Download emulator C64.emu apk // mirror


2. ClassicBoy (Emulator)

emulator-konsol-game-terbaik-android-classicboy

Memang, rating emulator ini tidak bagus-bagus amat. Tapi, di satu emulator, gamers bisa memainkan banyak game dari beberapa konsol, seperti SNES, PS1, GameBoy Advance, GameBoy Color, NES, dan Sega Genesis. Secara umum, game-game yang terkenal work di emulator ini, tapi beberapa juga tidak. Kalau kamu ingin memainkan game di berbagai genre dan konsol berbeda, penyimpanan internal Android kamu gak banyak, dan butuh emulator yang praktis, download ini aja.

Download emulator ClassicBoy apk 


3. DraStic DS Emulator

emulator-konsol-game-terbaik-android-drastic-ds

DraStic DS Emulator adalah emulator Nintendo DS untuk Android yang paling komplit dan berfungsi dengan baik. Emulator ini memiliki kompatibilitas game diatas rata-rata, support hampir semua kontroler, berbagai format dual screen, support cheat code, mode fast forward, dan save-an game bisa kamu simpan dan sync di Google Drive. Fitur favorit Brbagi adalah dua layar DS bisa diatur posisinya jadi mainnya lebih nyaman.

Download emulator DraStic DS apk // mirror


4. ePSXe

ePSXe sudah tersohor sebelumnya di PC, dan sekarang sudah ada versi Androidnya. Emulator ini memiliki kompatibilitas tinggi dan performa yang baik untuk hampir semua judul game. Selebihnya ya fitur standar seperti mapping fungsi tombol, kontrol on-screen yang bisa di-config, dan support untuk banyak jenis gamepads. Emulator ini juga menyediakan plugin OpenGL yang bisa meningkatkan grafis dan performa lho.

Download emulator ePSXe apk // mirror


5. FPse for Android

FPse adalah salah satu emulator PlayStation 1 terbaik untuk Android. Punya banyak fitur, termasuk performa yang sangat bagus serta kompatibilitas yang support hampir semua game PlayStation 1. Support cheat codes juga, overlay control themes, support kontroler game, support hampir semua format file, dan plugin OpenGL yang bisa memperbaiki grafis game agar lebih baik. Powerful, it works, bahkan bisa multiplayer juga.

Download emulator FPse for Android apk // mirror


6. John GBC (GBC Emulator)

emulator-konsol-game-terbaik-android-john-gbc

John GBC merupakan salah satu emulator Game Boy Color terbaik di Android. Performa mantap, kompatibilitas tinggi. Beberapa fitur lainnya: overlay controller (customizable), support file zip, mode fast forward dan slow motion, tombol turbo, support kontroler Bluetooth, support Dropbox, dan bisa dimainkan secara offline.

Download emulator John GBC apk // mirror


7. MD.emu

emulator-konsol-game-terbaik-android-mdemu

Cukup sulit menemukan emulator Sega Genesis yang bagus di Android tapi untung ada MD.emu. Emulator ini mencakup Sega Genesis/Mega Drive, Sega CD, dan Master System/Mark III yang kurang lebih meng-cover semua konsol Sega dulu. Juga support mayoritas gamepad, cheat code, dan portrait maupun landscape.

Download emulator MD.emu apk 


8. MegaN64 N64 Emulator

emulator-konsol-game-terbaik-android-megan64

Emulator N64 di Android? Ya MegaN64. Bisa berfungsi dan bekerja dengan baik hampir di segala skenario maupun judul game.

Download emulator MegaN64 apk


9. My Boy! – GBA Emulator

emulator-konsol-game-terbaik-android-myboy

Ngomongin rating Google Play, My Boy adalah yang tertinggi diantara semua rekomendasi di postingan ini, dan merupakan emulator Game Boy Advance. Emulator ini stabil banget, sudah gitu banyak fitur pula. Contohnya, ada kontrol fast forward sehingga gamers bisa mempercepat bagian-bagian yang kelamaan di game. Kalau semua fitur dibahas disini jadi menuhin, karena itu beberapa saja ya: save state game, kontrol customizable, support kontroler Bluetooth, emulasi BIOS-high-level jadi bisa langsung main, ga perlu cari BIOS Game Boy Advance dulu. Totally worth it!

Download emulator My Boy! apk // mirror


10. My OldBoy! – GBC Emulator

emulator-konsol-game-terbaik-android-myoldboy

My OldBoy adalah emulator Game Boy Color dan Game Boy biasa. Sama seperti My Boy, emulator ini memiliki kompatibilitas tinggi, solid dengan beberapa fitur unggulan, seperti: bisa memilih palette warna untuk game Game Boy yang hitam putih dan menambahkannya warna. Support cheat code pastinya, fast forward dan slow motion, emulasi link cable, customizable controller overlay, dll.

Download emulator My OldBoy! apk // mirror


11. Nostalgia.NES Pro

Nostalgia.NES Pro adalah emulator NES, salah satu yang terbaik di Android. Memiliki kompatibilitas yang tinggi dan harusnya bisa memainkan semua game yang kamu mau. Fitur lainnya ada customizable overlay controls, support game pad, mode kontroler WiFi, dan cheat code.

Download emulator Nostalgia.NES Pro apk // mirror


12. PPSSPP – PSP emulator

Emulator PSP di Android memang tidak begitu banyak yang nyari, tapi kalaupun kamu lagi nyari, jawabannya adalah PPSSPP. Kompatibilitas game nya sudah bagus, dan developernya masih aktif mengupdate emulator ini demi kenyamanan bersama. Meski tidak semua game berjalan lancar, tapi menurut Brbagi sudah lebih dari cukup.

Download emulator PPSSPP apk // mirror


13. RetroArch

emulator-konsol-game-terbaik-android-retroarch

RetroArch merupakan emulator untuk Android yang mengemulasi banyak konsol game, sudah jelas kompeten lah ya. Ada beberapa fitur unik juga, salah satunya adalah support Play and Watch Games, dimana kamu bisa memainkan game, kemudian menontonnya ulang. Fitur lain ya kurang lebih sama kaya yang lain: customizable overlay controls, cheat code, dll.

Download emulator RetroArch apk


14. SuperRetro16 (SNES Emulator)

SuperRetro16 merupakan emulator SNES dan salah satu yang terbaik untuk Android. Support terhadap game sudah bagus, bahkan untuk game yang sulit di-emulasi seperti Super Mario RPG bersamaan dengan fitur lain seperti customizable overlay controls, support game pad, cloud sync untuk file save game, cheat code, network multiplayer, fast forward dan slow motion, dll. Memang banyak emulator SNES untuk Android, tapi Brbagi gak pernah bermasalah dengan yang satu ini.

Download emulator SuperRetro16 apk // mirror


15. Tendo64 (N64 emulator)

emulator-konsol-game-terbaik-android-tendo64

Tendo64 adalah salah satu dari beberapa emulator Nintendo 64 di Android yang masih aktif diupdate. Fiturnya: customizable layouts, cheat code, multiplayer, dan kompatibilitas game diatas rata-rata. Sepertinya sih emulator yang ini bekerja lebih baik daripada kompetitornya.

Download emulator Tendo64 apk

Download 15 Emulator Konsol Game Terbaik untuk Android | maria teguh | 4.7