Membedakan Kosmetik Palsu dengan yang Asli

Agar tidak terkena efek kosmetik yang paling malesin yaitu langsung tumbuh jerawat, maka kita perlu selektif dalam memilih kosmetik. Kurang lebih seperti inilah cara membedakan kosmetik asli dengan kosmetik palsu.

Packaging

Sekilas, produk kosmetik asli dan palsu emang hampir mirip. Tapi, kalau kita jeli dan teliti sebelum membeli, bedanya pasti akan kelihatan. Segel yang digunakan pun berbeda antara produk asli dan produk palsu. Segel produk asli akan memakai kertas aluminium yang mengkilap (hologram). Walau ga semuanya sih. Produk palsu menggunakan segel berbahan kertas biasa. Biasanya kemasan produk asli cenderung lebih pendek daripada kemasan produk palsu yang lebih tinggi.

Kode

Produk asli dan produk palsu juga bisa dibedakan dari pengodean/barcode produk di kemasan. Jika diperhatikan secara detail, barcode kosmetik asli lebih rapi ketimbang kosmetik palsu. Begitupun kode yang ditempel di kemasan. Produk kosmetik palsu menempatkan kode nggak sesuai dengan shade (warna) yang sudah disiapkan.

Tekstur

Masih belum yakin? Coba buka kemasan kosmetik. Bedakan tekstur antara kosmetik asli dan kosmetik palsu. Biasanya tekstur kosmetik asli terutama lipstik lebih padat dan berbau segar. Berbeda dengan kosmetik palsu yang cenderung agak cair. Bau kosmetik palsu juga berbeda jauh dengan kosmetik asli. Bila kosmetik itu diaplikasikan ke kulit, hasilnya juga akan berbeda.

Harga

Perbandingan harga juga berpengaruh untuk menentujan mana produk kosmetik asli dan palsu. Harga kosmetik palsu yang lebih murah menjadi incaran para remaja untuk merias diri. Pasti produk kosmetik palsu dijual jauh lebih murah daripada produk asli. Jika biasanya produk kosmetik palsu dibanderol dengan harga murah, harga produk asli bisa mencapai 2x lipat.

***
Resiko kosmetik palsu ini banyak lho. Bisa alergi, saraf kamu rusak, atau bahkan mengancam organ vital tubuh kamu. Bukannya wajahmu merona karena cantik, kosmetik palsu bisa bikin kamu merona lantaran malu wkwk. Beberapa kosmetik palsu yang mengandung bahan merkuri akan membuat kamu alergi dan bahkan iritasi. Nggak heran kalau akhirnya biasa muncul bintik-bintik cokelat dan kamu merasa gatal-gatal dan sebagainya.

Biasanya, dalam lipstik palsu, terdapat bahan berbahaya, yakni timbal. Bahan logam itu awalnya hanya membuat bibir kering dan pecah-pecah. Jika dipakai dalam jangka waktu yang panjang, lipstik berbahan timbal akan berpengaruh pada sistem saraf dan perubahan hormon yang nggak stabil.

Menurut penelitian oleh Christine Heemskerk dari Trading Standard Institute, bahan yang digunakan kosmetik palsu bakal memicu penyakit berbahaya bagi organ utama. Misalnya, masalah bagi jantung sampai ginjal.

Nah lo, serem kan? Sebenarnya, kamu masih bisa membeli kosmetik asli dengan harga yang murah kok. Syaratnya, rajin lihat promo yang disediakan toko offline maupun toko online. Pastikan kamu hanya membeli di toko yang sudah memiliki reputasi terpercaya.

Ada lagi cara untuk tetap cantik alami dan bebas jerawat tanpa mengandalkan kosmetik dari bahan kimia yang mahal-mahal itu (walaupun kosmetik asli tapi tetap sama-sama terbuat dari bahan kimia kan? Hanya, bahan yang digunakan mungkin cenderung tidak begitu berbahaya bagi tubuh). Solusinya, ya melakukan perawatan tubuh secara alami saja! Memanfaatkan tanaman dan herbal di sekitar kita, wajah cantik alami bisa didapatkan tanpa merogoh kocek dalam-dalam kok 😀

Membedakan Kosmetik Palsu dengan yang Asli | Konsultasi Jerawat | 4.7