10 Cara Mempercepat dan Menghemat Baterai iPhone

10 trik iPhone rahasia yang akan mencegah hp lemot dan memperpanjang lama baterai — Mulai dari iPhone 6s atau seri terbaru hingga iPhone jadul sekalipun, selalu ada saja pemikiran agar iPhone lebih cepat dan baterai lebih tahan lama. Ada banyak cara yang dilakukan pengguna iPhone, tapi yang brbagi.com share berikut ini adalah kumpulan yang terbaik dan works.

1. Mempercepat kinerja iPhone dengan membersihkan RAM

Mempercepat kinerja iPhone dengan membersihkan RAM

Hanya butuh beberapa detik, Brbagixers bisa dengan mudah membersihkan RAM pada iPhone dan akan meningkatkan performa. Semakin lama tidak melakukan restart/reboot maka iPhone bisa terisi mayoritas RAM nya, tapi reboot terkadang ngeselin, karena cukup lama. Dengan trik berikut, Brbagixers bisa membersihkan RAM iPhone hanya dalam beberapa detik:

  1. Tahan tombol power sampai muncul “Slide to power off” di bagian atas layar
  2. Lepaskan tombol power dan tahan tombol home selama 5 detik sampai home screen muncul kembali.

That’s it! iPhone akan fresh dan baru kembali tanpa harus reboot dulu.


2. Membersihkan cache di apps Apple

Membersihkan cache di apps Apple

Cache yang kebanyakan bisa membuat iPhone menjadi lemot, tapi ada trik keren nih.

Ada beberapa apps Apple dimana Brbagixers bisa menghapus cache secara manual, seperti App Store, Podcasts, Music, Game Center, iMessage, dan Phone. Untuk membersihkan cache setiap app dan membantu mempercepat iPhone, cukup buka app yang disebutkan dan tap 10x dengan cepat pada salah satu tab icons di bagian bawah layar.

Setelah Brbagixers melakukannya, layar akan ngeblank sebentar dan cache pun terhapus.


3. Menghapus pesan otomatis setelah 30 hari

Menghapus pesan otomatis setelah 30 hari

Jangan disangka, data yang tersimpan di app Messages bisa banyak banget lho ukurannya. Kalau gak percaya, coba ke Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage dan lihat sendiri. Kalau belum pernah dibersihkan, app Messages bisa 5 GB, 10 GB, 15 GB, atau lebih.

Untuk menghapusnya secara berkala, ke Settings > Messages > Keep Messages dan ubah setting dari yang awalnya “Forever” ke “30 Days” atau “1 Year” juga boleh deh.


4. Mematikan animasi yang terlalu lama

Mematikan animasi yang terlalu lama

Animasi transisi pada iOS memang keren, waktu switch apps dan tap icons untuk membuka apps baru dari home screen. Tapi menurut BGR, animasi ini bisa bikin lemot. Coba ini: Settings > General > Accessibility dan aktifkan opsi Reduce Motion. Brbagixers akan segera merasakan perbedaan yang lebih cepat.

Brbagixers juga bisa mencoba opsi Increase Contrast dan Reduce Transparency yang ngefek ke baterai yang lebih hemat.


5. Mengaktifkan Wi-Fi Assist

Mengaktifkan Wi-Fi Assist

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai iPhone dan yang satu ini sedikit kontroversial.

Fitur Wi-Fi Assist baru dari Apple akan mengubah Wi-Fi ke paket data seluler ketika koneksi atau sinyal sedang tidak stabil. Hal ini akan meningkatkan performa dan menghemat baterai, tapi artinya kuota dengan jumlah cukup besar harus ready terus.

Yang ingin coba, aktifkan di Settings > Cellular dan slide toggle setelah Wi-Fi Assist untuk mengaktifkan fiturnya.


6. Mengaktifkan Low Power Mode

Mengaktifkan Low Power Mode

Opsi ini akan nongol ketika baterai tinggal 20% dan nongol lagi pas 10%, tapi banyak juga pengguna yang gak nyadar kalo fitur ini bisa diaktifkan kapan saja. Jadi kalau Brbagixers lagi sibuk dan jarang nengok hp, tanpa WiFi pula, aktifkan Low Power Mode yang bisa menghemat baterai hingga beberapa jam.

Pergilah ke Settings > Battery > Low Power Mode dan geser toggle ke posisi on. Fitur ini akan mematikan push email, menghentikan apps dari refreshing di background, dan menjalankan beberapa tweaks untuk menghemat baterai iPhone.


7. Menyesuaikan location settings

Menyesuaikan location settings

Apps seperti Dark Sky dan apps cuaca lainnya butuh update lokasi secara konstan. Dalam kondisi tertentu bisa menguras baterai juga.

Coba ke Settings > Privacy > Location Services dan Brbagixers akan melihat semua daftar apps yang memiliki akses ke lokasimu. Kalau tidak butuh-butuh amat, ubahlah settingan di tiap aplikasi, dari yang semula Always, diubah ke While using atau Never.


8. Menghentikan iPhone melacakmu

menghentikan pelacakan iphone

FYI, secara default, iPhone kamu akan melacak (tracking) setiap pergerakan yang dilakukan dan akan menyimpan data semua lokasi yang dikunjungi agar bisa tahu lokasi mana saja yang paling lama disinggahi.

Seperti tips sebelumnya, fitur-fitur yang menggunakan location seperti ini bisa mengganggu baik privasi dan daya tahan baterai. Kalau ingin dimatikan, pergilah ke Settings > Privacy > Location Services, kemudian scroll kebawah sampai nemu Frequent Locations. Tap, kemudian disable aja.


9. Menonaktifkan fitur penyempurnaan produk

Menonaktifkan fitur penyempurnaan produk

Brbagixers sungguh mulia ketika membantu Apple menyempurnakan produknya, tapi hal tersebut bisa berdampak ke privasi dan baterai.

Pada Settings > Privacy, scroll ke bawah dan tap Diagnostics & Usage, kemudian tap Don’t Send. Lalu, pada Settings > Privacy > Location Services > System Services, scroll ke bawah dan non aktifkan Diagnostics & Usage, Popular Near Me, Routing & Traffic, dan Improve Maps. Brbagixers juga bisa menonaktifkan yang lainnya pada tampilan yang dirasa kurang perlu.


10. Menyesuaikan pengaturan Background App Refresh

Menyesuaikan pengaturan Background App Refresh

Tahukah kamu kalau kamu akan terus mendapatkan notifikasi walaupun menonaktifkan Background App Refresh untuk apps? Background app refresh memiliki andil besar dalam performa baterai.

Pergi ke Settings > General > Background App Refresh dan sesuaikan settingan untuk tiap-tiap app. Kalau tidak perlu refresh di background, dinonaktifkan saja. App email dan messaging masih bisa bekerja dengan baik walaupun background app refresh dimatikan. Ya memang bakal lebih lama beberapa detik saat di-load waktu dibuka, tapi baterai iPhone jadi lebih hemat.


Yak, itu tadi 10 trik rahasia yang bisa diterapkan agar performa iPhone kamu semakin mantap. Ada lagi mungkin? Atau malah gak ngefek? Share ya 😀

10 Cara Mempercepat dan Menghemat Baterai iPhone | maria teguh | 4.7