Perintah untuk melihat penggunaan kapasitas disk pada server?

Post ini lebih ke pengingat pribadi hehe. Bagi siapapun yang lagi belajar oprek server (dalam hal ini saya belajar VPS) pasti ada lah ya command atau perintah yang mau tidak mau harus ‘dihafal’ karena memang butuh. Command tersebut diketikkan (atau dicopas) saat kita sudah masuk ke console / cmd / terminal / shell / SSH.

Kali ini saya niatnya mencatat command yang diketikkan untuk melihat kapasitas penyimpanan yang sudah saya gunakan dalam suatu server yang saya miliki. Bermanfaat terutama bagi yang provider VPS nya tidak menyediakan fasilitas untuk menampilkan disk space usage left di panel provider VPS. Dan yang VPS nya gak pakai panel macem Kloxo-MR, Webuzo dll alias polosan kaya punya saya.

Jadi tahu deh kalau ada beberapa VPS yang sudah penuh sesak dan saatnya upgrade, tambah instance, atau tambah storage dengan block storage. Hiks 🙁

Ada 2 perintah yang saya bahas. Pertama:

cd /var/www/html
du -sch *

Command di atas itu yang baris pertama adalah pindah folder, kalau di shared hosting/CPanel biasanya namanya public_html.

Sedangkan baris kedua adalah command untuk menunjukkan ukuran tiap-tiap folder. Beserta total ukuran semua folder.

Kedua:

df -h

Yang ini waktu saya ketik, di ukuran total keluarnya lebih besar daripada perintah yang pertama. Kayaknya sih ya, command yang ini notal file-file hidden sekaligus database juga.


#soktau

Semoga bermanfaat *nervous karena nubi tapi sok share* hehe :*

Perintah untuk melihat penggunaan kapasitas disk pada server? | maria teguh | 4.7