Pindahan

Menjelang ulang tahunnya yang pertama, saya dan seluruh penggerak Reviu.xyz memutuskan untuk mengganti nama. Akhirnya setelah perdebatan selama beberapa jam, muncullah nama Brbagi. Dengan ekstensi domain .com, ekstensi domain yang lebih ‘normal’ dan profesional. Lebih sip juga untuk jangka panjang, puluhan tahun ke depan, Aamiin.

Proses pindahan masih belum selesai, nantinya postingan ini akan diupdate dengan progress dan cara pindahan website (WordPress), siapa tahu ada yang bernasib sama tapi stuck hehe. Soalnya kalau lihat tutorial lain di internet sih kelihatannya gampang, tapi saya dan tim harus berkali-kali mengulang dari awal karena pindahan gak mulus, bahkan sempat ceroboh sehingga data hilang wkwk.

Yuk, berbagi bersama Brbagi!


Proses pindahan beda domain (dari Reviu.xyz ke Brbagi.com) akan saya jabarkan dalam langkah-langkah ya, sesuai langkah yang saya lakukan tempo hari.

1. Siap-siap.

Riset, alias googling gimana cara migrasi blog WordPress. Setelah skimming sekilas, kurang lebih yang harus dilakukan adalah:

  1. Backup/download semua file di 1 folder blog di file manager.
  2. Backup/download database blog di PHPmyadmin. Di-export istilahnya, ke file SQL.
  3. Buka file SQL pakai text editor (saya pake Notepad++). Trus Find & Replace (a) URL blog lama ke URL blog baru; (b) nama blog lama ke nama blog baru.
  4. Add domain baru ke hosting/VPS. Bikin database (username, password user) untuk blog baru juga di PHPmyadmin.
  5. Upload/copy semua file di 1 folder blog baru, pake bantuan file manager.
  6. Upload database SQL yang sudah di-find & replace di database blog baru.
  7. Buka wp-config.php di blog baru, ganti nama database, username, dan password user agar sama dengan db di blog baru.
  8. Tes buka blog barunya.
    Apa semua gambar di postingan sudah keload dengan benar.
    Apa semua URL/permalink sudah benar dan gak ada yang error.
    Login wp-admin juga aman.
  9. Kalau sudah aman, saya ke Settings > Permalinks di dasbor admin. Trus klik ‘Save Changes’ gitu. Konon, ngelakuin hal ini sama dengan soft reset permalink blog. Biar lebih nyaman hatinya dan ga perlu cek satu satu hehe.
  10. Sekarang waktunya melakukan 301 redirect. Supaya semua URL yang mengarah ke blog lama bisa diteruskan ke blog baru. Link dimanapun: di mesin pencari, share-an media sosial dll.
    Caranya kalian bisa googling. Kalau tanpa plugin, bisa dengan cara edit file .htaccess blog lama.
  11. Tes lagi sampe semua beres.

2. Action!

Semua berjalan lumayan mulus. Tapi ada beberapa hal-hal yang tidak sesuai harapan:

  1. 301 redirect dengan cara edit file .htaccess gagal. Sudah coba beberapa format sesuai hasil googling tapi tetep nihil.
  2. Komentar Disqus nyantol di blog lama. Artinya, di blog baru, komentar ga ada yang nongol satupun.
  3. Ada beberapa file PDF yang jadi gak bisa dibuka, karena ternyata di file name itu ada URL blog lama yang ke-replace di database dengan URL blog baru.

3. Penyelesaian masalah.

  1. Nyelesaiin problem 301 redirect dengan cara  install plugin WP di blog lama, namanya Simple 301 Redirect. Beres pake ini.
  2. Plugin Disqus saya nonaktifkan dulu. Kemudian pergi ke web Disqus, di bagian moderasi komentar gitu2 deh, kan nanti bakal ada 3 opsi. Opsi pertama itu ngubah URL di Disqus, dari URL lama ke baru. Opsi ketiga si Disqus nanti crawl otomatis URL mana aja yang ganti trus otomatis deteksi dan diganti URL lama ke URL baru. Saya pilih opsi ketiga.
    Setelah itu aktifin lagi plugin Disqus dan reset settings, jadi login ulang.
  3. Sebenarnya bisa replace balik ke yang lawas, toh cuma 1 row di database. Tapi saya males telusuri row satu-satu, jadi ya saya hapus file lama (di Media), trus saya upload ulang. Beres.

Kurang lebih gitu deh proses pindahan blog lama ke blog baru dengan nama beda. Kalau ada yang ditanyain atau bingung (karena ga ada gambar step by stepnya), komen aja hehe 😀 Yang di atas juga hanya intisari alias poin-poin aja soalnya, ga mendalam gitu.

Pindahan | maria teguh | 4.7