Review SAGE Nightshade 15.5oz Sanforized Deep Indigo x Purple Denim

Keinginan untuk membeli salah satu produknya Sage sudah ada sejak 2014 lalu, namun baru tercapai sekarang. Brbagi pun menjatuhkan pilihan pada Nightshade, selvedge denim dengan warna yang tidak biasa. Warna apakah itu? Kita cermati saja langsung ya penampakan fit pic dari SAGE.

Kenapa Brbagi memutuskan membeli Sage Nightshade?

  1. Walaupun koleksi celana sudah banyak, tapi selvage denim baru punya satu yakni si Lee Cooper Farah. Jadi tergoda untuk beli baru lagi, salah satunya untuk rotasi, biar pakenya ga itu-itu aja.
  2. Pengen merasakan selvage denim milik local brand.
  3. Warnanya. Sebelumnya Brbagi pernah punya dry denim dengan paduan warna black-purple hanya saja tidak selvage, bahan serta cutting-nya kurang sreg.
  4. Kok setelah lihat cutting-nya dan detail-detail yang dipaparkan di Instagramnya Sage, bagus nih.

Pada awalnya, Brbagi hendak menebus Nightshade Slim Cut size 28. Tapi kok keburu habis duluan. Ya sudah. Memang ditakdirkan punya celana ukuran 29 mulu.


Pesan deh via web. Ternyata setelah check-out, total yang muncul tidak langsung grand total, melainkan hanya total harga celana saja. Untuk grand total beserta ongkos kirimnya, kita sebagai pembeli akan dihubungi secara manual via email maksimal 1×24 jam. Waktu itu, kalau tidak salah, Brbagi dihubungi 3 jam setelah Place Order.

Saran buat Sage, coba deh pakai WooCommerce dengan add-on plugin ongkos kirim atau Shopify yang support penghitungan shipping internasional. Atau bigcartel wkwk. Kalau butuh bantuan, Brbagi bantu, hehe. Biar lebih keren aja brand-nya, toh sudah go international lho.

Konfirmasi pembayaran dilakukan via SMS, dan langsung dikirim hari itu juga.

Besok lusa, ada paketan dari Sage. Cepet. Sejujurnya Brbagi gak tahu lokasi si Sage ini. Antara Jabodetabek atau Jawa Barat sih kayaknya. 

Esoknya, paketan pun Brbagi buka. Sebagai manusia yang tidak pernah puas, Brbagi mengharapkan ada sedikit pernak-pernik yang mengiringi. Entah itu sticker, pin, plastik pembungkus celana atau hang tag barangkali. Tapi pas gak ada hehe, jadi di dalam shopping bag hanya ada sepotong celana saja. Kan biasanya kalau local brand gitu banyak krucil-krucilnya hehe :’)

Ya sudah. No big deal. Lanjut.


Sebagai awam yang belum pernah merasakan selvage 15.5oz (paling hanya pernah meraba 12oz saja), pertama kali meraba dan mengangkatnya langsung terpikir “Wih berat, kaku, kasar nih. Apa kakiku gak lecet-lecet ya nanti” hahaha. Norak.

Kegiatan selanjutnya yang Brbagi lakukan adalah:

  1. Mengamati bahan dan merabanya
  2. Mengagumi warnanya
  3. Memastikan apa semua detail sama seperti promosinya
  4. Mengendus baunya
  5. Cuffing 
  6. Memakainya untuk memastikan fit nya seperti apa

Eh iya sampai kelupaan. Seperti ini lho spesifikasi Nightshade:

  • 15.5oz sanforized selvedge denim 
  • Deep indigo warp x purple dyed weft, warnanya cocok sih buat Brbagi, tapi buat para lelaki macho mungkin gak mau, karena kurang macho terutama kalau di bawah sinar matahari langsung (?)
  • 100% cotton

  • Stealth stitching, dengan warna benang senada
  • Rope dyed deep indigo
  • Irregular bumpy slub texture, yay slubby texture!
  • Purple selvedge line, Nah ini awalnya Brbagi lihat di foto kayak putih doang selvage line nya, ternyata setelah lihat langsung, ada ungu nya juga yang kalau tampak di foto seperti ngeblend dengan denimnya jadi kurang jelas
  • Slim and slim straight cut
  • Double felled inseam with stealth thread
  • Mountain inspired stealth arcuate, Kalau bisa custom, Brbagi pengen banget hidden arcuate biar fadingnya keren hihi
  • One way waistband stitching with signature “V” shape
  • Belt loop hook
  • White twill pocket lining, ekspektasi Brbagi sebenarnya di pocket lining ada art-nya gitu kayak di article lain macam Everbeast, tapi ternyata polosan hehe yowislah :’)

  • Sage embossed copper rivets
  • Hidden rivets
  • Sage signature pattern black button
  • High pressure stamped 2mm indigo buffalo patch, mantap kali ini leather patchnya sumpah.


Waktu pemakaian pertama, kerasa banget ini rough and stiff nya nih bahan, walau “hanya” 15.5oz.

Tapi seneng banget! All fits perfectly! (at least menurut Brbagi 😛 ) Jadi sementara gak usah pake belt.

Setelah itu dicopot deh. Mau mentelengin celana secara keseluruhan.

Eh ada sedikiiiit defect di bagian belakang, gak mulus gitu. Kayak… tahu gak kalau pakaian habis kesangkut? Kayak ada benang yang ketarik dan menyembul gitu deh. Brbagi gunting bahan yang menyembul itu, jadi gak begitu kelihatan. Sekalian ngeguntingin benang-benang sisa jahitan yang belum kepotong sempurna.

Berasa jadi bagian quality control-nya Sage.

Setelah beres, Brbagi pakai lagi deh celana-nya dan sudah tidak saat pertama kali pemakaian. Sudah gak begitu rough and stiff. Mantab.

Hanya saja karena masih sangat kaku, kantongnya pun ikutan kaku juga, sehingga waktu mau masukin smartphone (apalagi yang 5 inci atau lebih gede lagi) jadi kesusahan, berpotensi merusak case (kalau case nya leather kaya punya Brbagi), dan membuat was-was kalau screen nya bakal gores. Tapi sejauh ini sih nggak. Hanya memasukkan dan mengeluarkan sesuatu dari kantong butuh effort ekstra di hari-hari awal.


Overall verdict

Bahan mantep. Cutting and fit mantep. Detail mantep. Jahitan sip.

Benang-benang, fabric sedikiiiit menyembul benangnya, sistem di webstore yang gak full otomatis, dan minimnya pernak-pernik yang disertakan membuat Sage adalah brand yang belum sempurna. Lagian semuanya minor.

Lagian situ mau beli pernak pernik apa beli denimnya hayoo

See you months months months, or years later ketika sudah fading!


Sebagai penutup review dan pembuka jurnal kebersamaan Brbagi dengan Sage Nightshade, nih ada fit pic Sage Nightshade untuk hari pertama.

Buat yang mau beli, kalian bisa langsung beli di SAGE Webstore 😀

Harganya (waktu Brbagi beli) adalah Rp1.180.000 belum ongkos kirim atau kalo buyer internasional bayar $115. Soal worth it atau tidak, itu relatif.

Namun karena bahan purple weft apalagi selvage itu dikit yang jual (kalau ada pun biasanya brand luar dengan harga jauh lebih mahal lagi), jadi bisa dibilang worth. Terlebih lagi leather patch nya juga indigo ehe.

Review SAGE Nightshade 15.5oz Sanforized Deep Indigo x Purple Denim | maria teguh | 4.7