Review Musik Band/Duo: SCALLER

Disclaimer: Ini adalah pertama kalinya saya mereview musik, jadi jangan harap outputnya bakal dewa-dewa seperti para penulis di Rolling Stone sana.. Aspek yang saya review juga bakal random, seperti review-review saya sebelumnya. Anggap saja ciri khas lah ya.. Btw ini link ke review dari Rolling Stone tentang SCALLER.

Saya pertama kali tahu SCALLER ini waktu mereka di-feature oleh Tonight Show NET. TV. Merekalah alasan saya untuk mendengarkan musik indie lagi (setelah belakangan ini playlist saya itu-itu saja). Bakal lebih afdol kalo baca reviewnya sambil dengerin SCALLER ngejam medley:

Berdasar penuturan mereka di Tonight Show, jadi SCALLER ini awalnya adalah duo (Reney Karamoy & Stella Gareth). Namun karena Mas Dhani Siahaan ini sudah banyak membantu selama ini jadi boleh lah dikatakan sebagai band (?)

Musiknya Scaller ini kalo kata Mas Teguh Wicaksono adalah musik yang tall, robust & firm building made of confidence. Ada karakter yang kuat, passion, dan strong presence yang kuat disana. Termasuk langka gitulah diantara bibit-bibit musik unggul baru di Indonesia.

Masih menurut Mas Teguh, musiknya Scaller bukanlah love at first sight (walaupun hey Mas, saya termasuk yang jatuh cinta pada pandangan pertama!). Musik yang harus didalami secara religius, komposisi musik yang…. apa ya… Untuk ukuran band dengan usia muda, presisi banget gitu lah.

Review selanjutnya yang teknis banget bisa dilihat di tulisannya Mas Teguh langsung, di description video di atas yak.

Awalnya biasa, didengerin ulang jadi suka, kemudian lanjut ke nagih. Memang belum ada album yang mereka keluarkan, baru EP sama beberapa single saja. So far saya suka banget. Tidak ada lirik, tapi saya bisa sing along sama Stella. UPDATE: Ternyata ada liriknya wkwk di web aslinya.

Suaranya Stella ini exceptional banget. Saya hampir tidak pernah mengagumi vokalis wanita sampai segila ini. Apalagi logatnya waktu menyanyikan lagu yang semua berbahasa Inggris, logatnya bagus banget gitu, istilahnya kalau lagi gak lihat mukanya, bakal ga nyangka kalo ini band dari Indonesia. Bagi yang mau bukti, dengerin aja dan bandingin sama logat pas Mas Reney nyanyi pasti beda 😛 (maaf ya Mas Reney 😛 ).

SCALLER (Simply Called Reverse) were formed in Jakarta, Indonesia by Reney Karamoy & Stella Gareth. Breaking Boundaries of Alternative Rock, The band builds up complex rhythm, uplifting vocal line and vibrant energy to feed music fan’s appetite. Scaller’s music doesn’t just give you a glimpse of the path less travelled but also offers the sound that inspires young generation.

Waktu ditanyain soal influence, pada kompak jawab Radiohead (walaupun banyak juga yang lain).

Rekomendasi lagu untuk didengerin duluan

A Song, The Youth, Live and Do

Video lirik The Youth sukses masuk daftar terbaik versi saya wkwk.

Selain video lirik, Scaller juga sudah pernah buat MV lho.

Tentang SCALLER

  • Sejak 2013
  • Reney Karamoy (vokal, gitar)
  • Stella Gareth (vokal, synth)
  • Dhani Siahaan (drum, additional?)

Mas Reney ini siapanya Angel Karamoy? #abaikan

‘1991’ nya bagus mas wkwk

Sampai bertemu nanti malam di Urban Gigs Pop Up jam 22.30 di 365 Ecobar !! @scaller_id Photo taken by @irvansuta

A photo posted by stellagareth (@stellagareth) on

Suaranya bisa kayak gitu makan apa mbak tiap hari :’) mau dong

Apakah Reney dan Stella lovers? #nyebargosip Ditunggu undangannya :))

5 Desember 2015, Beer Garden Menteng. "Dimensi @scaller_id " ?: @irvansuta

A photo posted by Dhani D Siahaan (@dhani_siahaan) on

Mas…

Fun fact/trivia tentang SCALLER:

Lebih lanjut tentang SCALLER

Tags: scaller band, scaller, lagu scaller yang enak, biografi band scaller, Lagu scaller, lirik live and do scaller dalam bahasa indonesia
Review Musik Band/Duo: SCALLER | maria teguh | 4.7