Beans vs. GeneratePress vs. Hueman, adu 3 tema WordPress gratis tercepat?

Blog ini adalah blog kesekian yang saya kelola, sudah launch sejak 2 hari yang lalu tapi masih kosongan. Sebenarnya mau diisi tapi juga tidak tahu diisi apa. Hidup masih adem ayem (baca: ga ada bahan). Akhirnya saya putuskan saya isi ini.

Saya kan kere ya, jadi theme untuk blog ini sebisa mungkin theme yang gratis. Sejak dulu awal blogging di 2007, dalam memilih theme WP, faktor pertama yang jadi pertimbangan saya adalah kecepatan loading blog. Dan gratis, fiturnya cukupan.

Setelah stalking beberapa blog personal lain yang loadingnya wuzz wuzz, saya jadi pengen coba beberapa theme WP tersebut. Kebetulan, yang sudah saya coba baru Beans, GeneratePress, dan HuemanKetiganya saya pakai yang versi gratis.

Ketiganya saya pilih karena kelihatannya merupakan 3 theme WordPress gratisan yang paling cepat loadingnya. Sumber? Feeling. wkwk.

Kondisi blog saat benchmark kecepatan loading

  • Theme options atau Customize masing-masing theme tidak saya otak-atik. Eh gak ding. Ketiganya saya custom untuk menampilkan logo blog (gambar) bukan text “mariateguh.com”. Sama favicon blog.
  • Benar-benar polosan. Plugin WP yang aktif? Tidak ada.
  • Server blog: Nginx, hosting di VPS jadi (harusnya) lebih cepat daripada shared hosting.
  • Caching juga default dari CloudFlare sama Redis.

Hasil benchmark kecepatan loading blog

Ketiganya benchmark pakai GTMetrix. Hasilnya:

  • Waktu load blog GeneratePress & Beans sama, sedangkan Hueman lebih lambat 0,1 detik.
  • Skor PageSpeed tertinggi Beans (95%)
  • Skor YSlow tertinggi Beans (93%)
  • Ukuran laman paling kecil adalah GeneratePress (115KB)
  • Request Beans paling sedikit

GeneratePress

gtmetrix-generatepress

Beans

gtmetrix-beans

Hueman

gtmetrix-hueman

Kesimpulan

Sudah jelas secara umum lebih unggul Beans ya untuk masalah speed. Tapi bagaimana soal fitur dan tampilan? Jujur, saya belum oprek sejauh itu. Hanya ala kadarnya saja, karena saya kebut nulis post ini biar gak hilang mood nulisnya hehe.

Tapi sejauh yang saya lihat di menu Customize tema, Hueman paling banyak fiturnya (setelah itu baru diikuti GeneratePress dan Beans). Terus, secara pribadi, saya lebih suka tampilan default dari GeneratePress dan Hueman. Tapi ini masalah selera sih.

Akhirnya saya pakai Hueman dulu lah hahaha. Walaupun merupakan yang terlambat (secara keseluruhan), tapi fiturnya yang banyak menjadi pertimbangan (setidaknya untuk saat ini). Jadi biar kedepannya ga usah tambah plugin atau ganti theme gitu jika butuh fitur-fitur tertentu.

Plin-plan ya. Katanya mengutamakan speed. Tapi di akhir malah pilih yang paling lambat 😀

Belajar menjadi blogger yang bijak deh saya biar kaya Mario Teguh. Memilih yang baik tidak hanya sesaat, tapi juga untuk kedepannya… #halah That’s why I choose you, Hueman!

Kalau lihat hasil uji coba, sebenarnya saya kurang puas sebagaimana manusia biasa. Saya itu pengennya yang grade PageSpeed maupun YSlow nya sama-sama A dan kisaran 95%.

Maruk.


Segitu dulu deh ya benchmark Beans vs. GeneratePress vs. Hueman dari segi kecepatan loading (dan seiprit nyinggung spesifikasi lainnya). Saya akan sangat girang kalau kalian mau berkontribusi menambahkan pengalaman, karena sampai sekarang saya sedang dalam perjalanan mencari tema WordPress gratis tercepat dan terbaik juga.

Beans vs. GeneratePress vs. Hueman, adu 3 tema WordPress gratis tercepat? | maria teguh | 4.7