Tips memilih lokasi server web hosting

Kali ini saya kepikiran untuk berbagi sedikit tips memilih lokasi server web hosting shared, semi dedicated, dedicated, vps, dll. lah ya asalkan itu untuk hosting website atau blog kalian. Pendapat orang selalu berbeda-beda. Ada yang bilang bahwa lokasi server itu berpengaruh besar. Ada yang bilang gak begitu pengaruh, yang penting spek hardware dan kecepatannya.

Bagi saya sih, sejauh ini kan sudah mencicipi server di berbagai lokasi mulai dari benua Amerika hingga benua Asia (benua Afrika belum pernah, penasaran banget sih ini mah hahaha). Pernah betah, gak jarang juga dapet zonk. Akhirnya saya punya beberapa faktor dalam memilih lokasi server web hosting, tapi yang kepikiran sekarang adalah mayoritas pengunjung. hehe.

Tentunya kalau berencana punya blog atau website, faktor ini wajib dipikir. Mau buat blog berbahasa Indonesia, tapi berharap mayoritas pengunjung datang dari Luxembourg. Ngayal kan ya. Berdasarkan pengalaman saya sih begini.

Kalau mayoritas pengunjung berasal dari Indonesia & Asia Tenggara:

Saya memilih lokasi server Singapore. Sebisa mungkin saya tidak memakai server IIX atau Indonesia. Gak pernah hoki soalnya, zonk mulu. Selain itu, kalau-kalau ada visitor bule yang nyasar, akses web menjadi jauh lebih lambat karena (dulu) bandwidth keluar yang diberikan oleh provider Indonesia itu kecil. Mahal pula.

Kalau tidak tersedia server Singapore atau Asia yang lain (Jepang, Korea, atau Australia biasanya) dan adanya cuma di kota-kota di Amerika sana gimana dong?

Gak masalah. Mariateguh.com ini servernya ada di kota Silicon Valley lho haha. Pilih saja kota di AS bagian Barat (Seattle, Silicon Valley, Los Angeles). Kalau misal mau lebih cepat lagi aksesnya dari Indonesia, pakai forwarding atau jembatan semacam Cloudflare aja.

Kalau mayoritas pengunjung adalah ‘bule’

Bule ini kan luas banget ya. Sudah jelas jawabannya. Kalau bule AS ya pilih server di AS, kota manapun itu.

Kota mana yang terbaik? Menurut saya sih semua hampir sama, tapi biasanya, para master lebih memilih di New York/New Jersey, Chicago, Atlanta, atau Dallas.

Kalau bule UK ya pilih server di sono gapapa. Begitu juga halnya kalau target pengunjung utama dari Jerman, Prancis, Belanda, dll.

Saya mau bikin web download gitu. Download film, lagu, dll yang ilegal. Atau web yang sangat bergantung pada freedom of speech. Dimana ya yang recommended?

Biasanya sih di Eropa. Rekomendasi saya adalah Islandia, Rumania, Belanda, dan Luxembourg.

Rencana saya dalam 1 web hosting itu ada banyak web dengan target negara pengunjung berbeda-beda. Gimana dong?

Kalau penyedia web hosting yang kamu incar menyediakan fitur Looking Glass atau trial, coba dulu aja satu lokasi server yang paling sreg.

Saya sih akan memetakannya dan memilih tengah-tengah.

Setelah itu pake CloudFlare.

Tips memilih lokasi server web hosting | maria teguh | 4.7