Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tea Tree Oil

Tea tree oil (TTO) atau minyak pohon teh adalah ekstrak alami dari pohon teh di Australia. TTO telah digunakan oleh suku Aborigin sebagai antiseptik dan antifungal (anti jamur) selama berabad-abad. Beberapa tahun terakhir, penelitian ilmiah membuktikan TTO dapat menjadi obat efektif untuk menghilangkan jerawat.

Masih sedikit sekali orang yang tahu (karena itu masih sedikit pula buktinya) bahwa TTO dapat menghilangkan jerawat. Di luar negeri sana, hal ini masih diremehkan.

penelitian membuktikan minyak pohon teh sama efektifnya dengan benzoyl peroxide dan antibiotik maupun obat langsung.

Salah satu jurnal ilmiah terbaru di International Journal of Antimicrobial Agents mengulas studi ilmiah pada efektivitas minyak pohon teh pada jerawat. Penelitinya merangkum seluruh studi ilmiah diantara 2005 hingga 2014. Kemudian, diambillah kesimpulan bahwa produk obat jerawat yang mengandung TTO mengurangi jerawat dimanapun mulai 23.7% hingga 62.1%. Wow!

Nah, studi ilmiah yang keroyokan inipun membuktikan bahwa efek dari minyak pohon teh dapat dibandingkan dengan kandungan-kandungan obat jerawat lainnya seperti benzoyl peroxide dan antibiotik-antibiotik. Walaupun peneliti mengklaim bahwa beberapa studi yang dikumpulkan tidak memenuhi standar metodologi studi klinis jerawat yang ketat saat ini, toh sebagian besar data menunjukkan hasil positif yang konsisten.

banyak produk obat jerawat yang dijual bebas di counter-counter masih mengandung sedikit sekali TTO 🙁

Masih dari peneliti tadi yang juga blusukan melihat-lihat produk obat jerawat yang mengandung TTO menyimpulkan:

Minyak pohon teh dapat dimasukkan sebagai agen terapi aktif atau di tingkat bawah yang tidak mungkin memiliki manfaat terapeutik melainkan berfungsi untuk meningkatkan daya tarik atau jual produk.

Peneliti menyimpulkan bahwa jika ada larutan yang mengandung 5% atau lebih TTO kemudian diaplikasikan 2x sehari selama beberapa minggu akan menghasilkan efek positif pada jerawat.

efek samping TTO

Secara umum, TTO dapat ditoleransi oleh sebagian besar jenis tubuh, tapi tetap saja dapat menimbulkan efek samping. Penelitian yang mencari efek samping menunjukkan bahwa TTO dapat menyebabkan semacam iritasi kulit dan efek samping yang mirip dengan obat-obat jerawat lainnya, seperti:

  • gatal-gatal
  • kulit memerah (burning)
  • kulit menjadi lengket
  • kulit kering

Tapi, penelitian yang membandingkan TTO dengan benzoyl peroxide atau antibiotik menunjukkan bahwa efek samping yang ditimbulkan oleh TTO lebih ringan & lebih jarang muncul. kesimpulan gebleknya: TTO dapat menyebabkan iritasi kulit ringan.

Bagaimana TTO bekerja

Pengobatan jerawat bekerja dengan tertuju langsung pada satu atau lebih penyebab paling besar dari jerawat, yaitu:

  • Bakteria (bakteria yang mengumpul menutup pergerakan pori-pori kemudian mengubah komedo kecil menjadi jerawat yang menyakitkan)
  • Inflamasi
  • Produksi keratin berlebih (keratin adalah protein yang menggabungkan sel-sel kulit. Terlalu banyak keratin mencegah sel kulit memisah, sehingga sel kulit mati yang besar pun akhirnya menutup pori-pori)
  • Produksi sebum/minyak berlebih

Penelitian menunjukkan bahwa TTO mengarah mengobati 2 dari 4 penyebab utama jerawat. TTO secara efektif membunuh bakteri penyebab jerawat. TTO juga mempunyai efek anti-inflammatory pada kulit.

Tidak seperti vitamin C dan teh hijau, TTO bukanlah antioksidan. Wkwk, itu tadi adalah jalan panjang untuk mengatakan bahwa Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik ketika anda menggabungkan TTO dengan perawatan-perawatan yang langsung menuju ke penyebab utama jerawat. Salah satu rekomendasi gabungan perawatan untuk TTO adalah antioksidan langsung dan ‘agen pengelupasan’ yang dapat membuka pori-pori yang tertutup. Yaitu asam salisilat dan retinol.

Kesimpulan

Minyak pohon teh (TTO) adalah salah satu cara pengobatan jerawat yang alami, natural, dan telah diteliti oleh banyak peneliti. Penelitian menunjukkan bahwa TTO dapat secara efektif membasmi jerawat sama seperti kandungan obat jerawat yang sudah mainstream. Walau juga menimbulkan sedikit efek samping pada jenis kulit tertentu. Walau sudah begitu, para dokter kulit masih menganggap remeh TTO dan itulah yang menyebabkan obat jerawat dengan TTO masih jarang di pasaran. Mungkin Anda mau membuat sendiri?

Referensi (ya, Tim Konsultasi Jerawat bikin artikel gak ngasal!):
Hammer, K. A. Treatment of acne with tea tree oil (melaleuca) products: A review of efficacy, tolerability and potential modes of action. Int. J. Antimicrob. Agents(2014).
Tags: jerawat dicounter itu apa, obat jerawat the tree
Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tea Tree Oil | Kenny | 4.7
Loading...