Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Gerakan Yoga Sederhana Saat Puasa

Simpel, gerakan hatha yoga ini bisa memaksimalkan detoksifikasi selama puasa – Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Justru saat puasa, kita harus tetap beraktivitas. Salah satu kegiatan menyehatkan yang bisa dikombinasikan saat puasa adalah yoga. Bahkan, dengan yoga, proses detoksifikasi menjadi maksimal.

Salah seorang instruktur yoga menyarankan agar menggunakan gerakan-gerakan dalam hatha yoga. Cabang yoga ini menitikberatkan pada penguasaan tubuh dan napas melalui penyeimbangan dua kutub energi pada manusia yaitu yin dan yang. Gerakannya lebih simpel, tetapi tetap memberikan dampak besar ke tubuh.

hatha-yoga-saat-puasa

Rekomendasi selanjutnya adalah tiga macam gerakan untuk membantu memaksimalkan proses detoksifikasi. Pertama, pemanasan dengan pernapasan sitali dan sitkari. Posisinya duduk bersila dan tersenyum dengan memperlihatkan gigi. Saat itu bernapas dilakukan melalui mulut dan rongga-rongga gigi. Latihan pernapasan ini dapat dapat meredakan panas dalam dan mengobati masalah mulut yang kerap terjadi saat puasa.

Kedua, gerakan twisting, yakni duduk dengan kaki kanan diluruskan dan kaki kiri ditekuk. Selanjutnya, badan dimiringkan ke kanan sambil posisi tangan lurus berpijak ke tanah dan pandangan ke samping.

Gerakan ketiga, yakni uddiyana banda, juga berfokus pada gerakan perut. Dua gerakan itu akan membuat perut seakan diperas sehingga saat sudah longgar, peredaran darah maupun sistem pencernaan kembali lancar.

Mengenai waktu kapan yang tepat untuk beryoga, disarankan pagi ketika matahari masih bersinar lembut, sehingga tubuh juga bisa menyerap provitamin D yang terkandung di dalamnya. Waktu berikutnya adalah sore. Daripada ngabuburit gak jelas, mending dimanfaatkan untuk yoga 😀

Olahraga memang menjadi salah satu solusi agar fit selama berpuasa. Meski begitu, ada kelompok olahraga yang disarankan dan ada yang tidak. Nah, salah satu yang disarankan adalah yoga. Yoga bermanfaat saat puasa karena termasuk jenis olahraga ringan. Tidak perlu banyak energi. Selain itu, yoga biasanya dilakukan di dalam ruangan.

Selama yoga, tubuh juga tidak mengeluarkan banyak keringat. Karena itu, tidak khawatir dehidrasi. Apalagi, dehidrasi merupakan ancaman terbesar puasa. Kalau masalah lapar, tubuh bisa menggantinya dengan menggunakan lemak dan protein yang tersimpan. Yoga diyakini mampu memunculkan ketenangan jiwa, karena ada latihan pernapasan juga.

Gerakan Yoga Sederhana Saat Puasa | maria teguh | 4.7
Loading...