Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

7 Alasan Kenapa Kamera Mirrorless Lebih Baik dari Kamera HP

Harga smartphone yang semakin murah dan dukungan kamera yang semakin baik membuat banyak orang lebih banyak menjatuhkan pilihannya dengan membeli perangkat genggam dibandingkan dengan membeli kamera digital atau kamera mirrorless untuk meng-capture gambar atau merekam video. Selain itu, fungsi smartphone yang beragam dan lengkap membuat siapa pun semakin mudah menjatuhkan pilihan pada perangkat genggam.

Namun secanggih-canggihnya kamera smartphone, kamera smartphone memiliki keterbatasan fisik yang membuatnya sulit untuk ditingkatkan. Keterbatasan fisik itu juga lah yang membuat kamera smartphone sulit menghasilkan gambar bagus di kondisi low light dan terpaksa harus menggunakan digital zoom apabila ingin melakukan zooming dalam memperbesar gambar yang berada di kejauhan. Tapi seperti yang kita tahu, digital zoom memiliki banyak sekali kelemahan, terutama pada hasil fotonya yang berkualitas rendah dan seringkali terlihat pecah-pecah dan tidak tajam.

Jika kamera DSLR dianggap terlalu berat, terlalu besar, dan beberapa di orang menganggap kamera tersebut dihargai terlalu mahal, kamu bisa menjatuhkan pilihan pada kamera mirrorless. Karena selain hadir dengan desain yang kompak, yang membuatnya terlihat lebih mungil dari DSLR, harga kamera mirrorless murah dan terjangkau adalah alasan lain mengapa kamera jenis ini worth untuk dimiliki.

Sebenarnya kamera mirrorless juga pada dasarnya adalah kamera DSLR yang bagian ‘pemantul cahayanya’ (mirrorbox) dihilangkan dan digantikan dengan layar LCD (umumnya berbentuk touchscreen) atau yang lebih dikenal dengan istilah Electronic viewfinder.

Bagi kamu yang suka nge-Vlog, suka bikin video untuk YouTube, atau ingin meningkatkan kualitas dan profesionalitas foto yang kamu hasilkan untuk dipajang di Instagram, dan lain-lain, kamu wajib mempertimbangkan kamera mirrorless. Mengapa kamera mirrorless? 7 alasan berikut ini akan menjawabnya.

smartphone camera mirrorless camera

via Videowalisarkar

  1. Harga kamera mirrorless murah. Alasan klasik yang selalu dikemukakan oleh seseorang yang enggan membeli kamera adalah harganya yang mahal. Tapi tidak dengan kamera mirrorless. Dibandingkan dengan DSLR, harga mirrorless camera cenderung lebih bersahabat, tapi tetap memberikan kualitas dan kemampuan yang setara dengan DSLR yang berharga mahal. Saat ini semakin mudah kita temukan kamera digital dan kamera mirrorless seharga 3-5 jutaan untuk entry level.
  2. Menyediakan ISO dengan rentang pilihan yang lebih luas. Tidak seperti kamera smartphone yang kebanyakan tidak menyediakan manual mode untuk mengatur ISO, autofokus, hingga rana; kamera mirrorless seperti Sony Alpha A9 yang dibandrol dengan harga sekitar 3 jutaan justru menyediakan pilihan pengaturan yang lengkap, mulai dari ISO yang sangat luas (100-51200) hingga pengaturan rana yang lebih cepat dan lambat
  3. Manual zoom. Tidak seperti kamera smartphone yang rata-rata menggunakan digital zoom, kamera mirrorless lebih mengandalkan manual zoom. Bahkan bisa juga dipadukan dengan berbagai jenis lensa kit DSLR. Kamu bisa menambah atau menggonta-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan
  4. Hasil foto low light-nya lebih baik. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kelemahan kamera hp salah satunya adalah sulit menghasilkan gambar bagus di tempat yang minim cahaya. Sebaliknya, dengan bukaan yang luas, kamera mirrorless bisa mengatasi kekurangan tersebut untuk menghasilkan foto-foto ciamik sekalipun diambil di tempat yang gelap (kurang cahaya). Berikut ini brbagi sertakan contoh hasil foto pada objek dan kondisi yang sama menggunakan kamera smartphone vs. kamera mirrorless. Kelihatan kan yang mana yang lebih oke, terutama saat kondisi low light? 
    smartphone vs mirrorless camera

    via LuxPho

  5. Menyediakan pengaturan yang lebih lengkap. Hampir semua pengaturan yang kita temukan pada kamera DSLR juga bisa kita temukan pada kamera mirrorless. Mulai dari shutter speed, ISO, zoom, exposure, focus, dll
  6. Bisa diandalkan untuk mengambil objek bergerak. Rana pada kamera hp yang terbatas membuatnya sulit untuk mengambil objek bergerak. Akibatnya, sering kali kita mendapati hasil foto yang terlihat blur dan tidak fokus. Sebaliknya, kamera mirrorless memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dalam mengambil gambar-gambar dari objek bergerak karena didukung rana yang lebih cepat
  7. “Gaya dan kekinian” itulah ungkapan yang tepat untuk mereka yang sering terlihat menenteng kamera mirrorless. Jalan-jalan sambil menenteng kamera akan membuat kamu terlihat makin keren. Apalagi kalau kamu emang suka dengan fotografi dan juga jago membidik. Kamu pun akan terlihat makin kece.
7 Alasan Kenapa Kamera Mirrorless Lebih Baik dari Kamera HP | maria teguh | 4.7
Loading...