Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Perlengkapan Naik Gunung – Checklist Wajib Pendaki Pemula

Sebelum Anda mendaki gunung, pastikan Anda mengetahui alat persiapan mendaki gunung yang wajib dibawa. Sudahkah Anda mengetahui dan menyiapkan semuanya? Kalau belum, lengkapi dari sekarang dengan daftar perlengkapan naik gunung berikut.

Sebelumnya, saya juga menyampaikan, daftar perlengkapan mendaki gunung gunung ini adalah wajib untuk Anda bawa. Apalagi, kalau Anda pemula. Checklist naik gunung berikut sangat menjadi kewajiban untuk Anda lengkapi sesegera mungkin.

Tips untuk Anda: jangan terlalu beban dalam mempersiapkan alat untuk mendaki. Sebenarnya, tidak ada alat-alat khusus mendaki. Hanya saja, Anda perlu menyoroti beberapa hal penting, seperti:

  1. Daftar logistik pendakian gunung – sesuaikan dengan tipe dan lokasi gunung yang Anda daki.
  2. jaket wanita untuk naik gunung – sebenarnya, bukan hanya untuk wanita; kalau Anda pria, tentu saja jaket khusus perlu dibawa kalau ingin merasa hangat pada puncak ketinggian.
  3. Perlengkapan pribadi naik gunung – kalau Anda menderita penyakit dan harus mengonsumsi obat khusus, jangan lupa dibawa.
  4. perbekalan naik gunung – yang satu ini tidak menjadi kewajiban. Tapi, kalau Anda ingin memberi kejutan ke orang yang mendaki bersama Anda, bawa bekal spesial untuk dimakan bersama sangat menjadi poin penting, lho!

Empat hal di atas harus Anda soroti lebih. Kenapa? Guna membuat nyaman pendakian gunung yang Anda lakukan, setidaknya menyiapkan beberapa hal tidak akan merugikan untuk Anda dan kelompok. Sekarang, langsung ke topik utama…

Perlengkapan Naik Gunung

Sebelumnya, perlu Anda ingat, perlengkapan mendaki gunung untuk wanita berbeda dengan laki-laki. Ada beberapa hal yang tidak perlu dibawa wanita, begitu juga sebaliknya. Kemudian, satu hal lagi yang perlu Anda ingat, list perlengkapan naik gunung yang saya bagikan di sini tidak menjadi suatu kewajiban untuk Anda bawa ketika mendaki. Ada beberapa hal yang penting, ada juga yang hanya opsional (boleh dibawa, boleh juga tidak). Perlengkapan naik gunung yang wajib juga akan saya tandai untuk lebih memudahkan.

1. Kantong tidur (sleeping bag)

Anda memang tidur di dalam tenda, tapi, percayalah…

… tidur di dalam tenda bukan berarti Anda tidak akan merasakan hawa dingin di atas gunung. Kalau Anda ingin tidur lebih nyaman, tentram, dan lebih hangat, membawa sleeping bag sangat wajib masuk dalam perlengkapan naik gunung Anda.

Lebih lagi, kalau Anda tergolong pendaki pemula yang tidak tahan hawa dingin. Jangan khawatir terbebani dengan harga, kantong tidur atau sleeping bag rata-rata dijual dengan harga berkisar Rp 100.000 sampai Rp 320.000 tergantung dari bahan sleeping bag yang digunakan.

Saran merek sleeping bag: gunakan merek Eiger yang sudah terkenal kualitas dan bahan anti dingin. Anda bisa membelinya di sini: https://eigeradventure.com/equipment/sleeping-bags/eiger-mummy-250.html

Alternatif sleeping bag: kalau Anda tidak memiliki kantong tidur sekarang, Anda juga bisa membawa alternatifnya. Selimut atau sarung (dobel) bisa Anda gunakan. Tapi, tidak saya rekomendasikan secara pribadi, ya. Kenapa? Karena awal naik gunung, saya juga tidak menggunakan sleeping bag karena bujet yang mepet. Hasilnya? Setiap kali naik gunung, saya harus bermusuhan dengan hawa dingin ketika tidur. Jangan ditiru, ya!

2. Tenda (dome)

Salah satu perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung adalah tenda. Perlu Anda catat, ya, kalau Anda mendaki gunung berkelompok, Anda tidak wajib membawa tenda. Biasanya, tenda atau dome sudah disiapkan oleh orang yang sudah ahli mendaki.

Bisa dibilang, tenda menjadi salah satu perlengkapan naik gunung berkelompok. Pastikan lebih dulu, ketika Anda naik gunung, siapa individu yang akan membawa tenda. Pastikan juga ukuran tenda dan samakan dengan jumlah pendaki dalam kelompok tersebut.

Setiap tenda atau dome punya ukuran berbeda. Ada tenda kecil, sedang, dan besar. Sebagai acuan, tenda kecil bisa memuat hanya satu atau dua orang. Tenda sedang bisa memuat tiga sampai enam orang. Sedangkan tenda besar bisa memuat enam sampai delapan orang.

3. Peralatan masak

Kompor, panci, wajan, sampai teko berukuran kecil adalah wajib untuk dibawa mendaki. Ini juga menjadi salah satu perlengkapan naik gunung yang dikategorikan sebagai alat untuk kelompok.

Kalau mendaki dalam ukuran kelompok yang kecil, peralatan masak hanya perlu untuk dibawa satu orang. Tapi, kalau mendaki dalam kelompok sedang atau besar, Anda setidaknya harus menyiapkan peralatan masak sendiri untuk berjaga-jaga.

Saran peralatan masak: sebaiknya, bawa cooking set beserta nesting untuk memudahkan proses memasak. Jangan membawa peralatan masak berukuran besar karena bisa boros tempat di carrier Anda. Apalagi, kalau Anda membawa carrier di bawah ukuran 60l (liter). Jangan lupa juga bawa pendukung alat masak, seperti: pisau, sutil, sendok, talenan, dan cobek untuk memudahkan.

Alternatif peralatan masak: tidak ada alternatif selain peralatan masak. Ini menjadi perlengkapan wajib untuk daki gunung. Tapi, Anda wajib tahu- solidaritas pendaki sangat tinggi. Apalagi ketika sudah di puncak. Kalau Anda lupa bawa peralatan masak, jangan sungkan untuk gabung dengan pendaki lain atau meminjam peralatan masak.

4. Tas gunung (carrier)

Ini menjadi kewajiban yang terpenting. Tas gunung atau carrier adalah barang yang membawa dan menampung semua barang yang Anda bawa untuk pendakian. Pastikan Anda sudah menyesuaikan setiap perlengkapan yang akan Anda bawa dan muat ke dalam carrier.

Jangan sampai, ada barang yang tidak bisa masuk ke dalam tas dan berakibat Anda harus menentengnya.

Pastikan juga Anda sudah menyesuaikan kapasitas carrier dengan badan dan kemampuan Anda.

Saran memakai tas gunung: jangan ragu untuk membeli carrier yang mahal. Tidak akan ada ruginya. Kalau Anda bisa (dan mampu), sebaiknya pilih tas gunung yang punya sistem airflow back, rain cover included, belt on-side, compression straps, outside pocket, dan lainnya.

Alternatif carrier: tidak ada alternatif khusus. Pastikan Anda menggunakan tas yang memang ditujukan untuk mendaki. Jangan menggunakan sembarang tas. Apalagi, menggunakan ransel tipis untuk sekolah. Fatal akibatnya.

5. Jaket gunung

Ketika Anda trekking (mendaki), Anda bisa menggunakan jaket gunung atau kaos biasa. Tapi, sebaiknya gunakan jaket gunung untuk menghindari hawa dingin dan terkena risiko hypothermia.

Jaket gunung sangat krusial dalam peralatan mendaki gunung pemula. Jadi, pastikan Anda membawanya, ya. Sekadar tambahan, ada tips berpakaian saat mendaki gunung, gunakan pakaian yang mudah diganti dan tidak menyerap air. Jangan gunakan pakaian berbahan kulit atau levis karena sangat menyusahkan untuk menggantinya dan sangat lembab kalau hujan turun.

Saran pemakaian jaket gunung: pilih jaket yang tebal dan sudah punya fitur double layer system, berbahan fleece polar atau fleece cotton, dan waterproof.

Alternatif jaket gunung: kalau bujet mepet karena tidak bisa membeli jaket gunung, Anda bisa menggunakan jaket yang bahan dalamnya terbuat dari bulu angsa. Jaket bulu angsa punya kemampuan penangkal dingin yang cukup baik dan bisa mengatasi udara dingin gunung.

Kesimpulan

Perlengkapan naik gunung untuk wanita pemula dan pria sangat berbeda. Untuk itu, Anda harus mengetahui lebih informasinya. Tidak sulit mencari tahu apa saja peralatan pendakian gunung pendaki pemula yang harus di bawa. Anda bisa lebih aktif di komunitas pendaki gunung, seperti Kaskus atau grup yang ada di Facebook.

Sebagai tambahan informasi, harga peralatan mendaki gunung tidaklah mahal. Bahkan, menurut saya pribadi, cukup terjangkau. Sekadar saran, jangan pernah melihat harga. Tapi, utamakan keselamatan, kenyamanan, dan kepercayaan ketika Anda mendaki.

Anda bukan hobi jogging di taman kota – Anda sedang mendaki gunung, ini hobi mahal dan berbahaya. Jadi, utamakan keselamatan lebih dulu. informasi perlengkapan naik gunung ini berguna untuk Anda? Jangan ragu untuk pencet tombol berbagi, ya!

Perlengkapan Naik Gunung – Checklist Wajib Pendaki Pemula | pelancong newbie | 4.7
Loading...