Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manado

Oleh-oleh Khas Manado – Tiga Terbaik Menurut Penduduk Lokal

Dalam artikel ini, konsen penulis akan membahas beberapa oleh oleh khas Manado yang memang menjadi ciri khas salah satu wilayah Indonesia yang terkenal akan spot diving-nya yang indah di luar nalar manusia normal.

Dengan objek wisata Taman Laut Bunaken yang terkenal pamornya hingga mancanegara, sangat sayang rasanya jika tidak membahas objek wisata lain di kota Manado termasuk kulinernya.

Bila membahas kuliner, tentu di dalamnya akan ada pembahasan tentang oleh oleh juga. Betul? Nah, dalam artikel ini, penulis akan memberikan beberapa rekomendasi menarik oleh-oleh khas Manado yang wajib kamu bawa pulang hukumnya ketika mengunjungi Manado.

  1. Klappertaart – Oleh Oleh Khas Manado Ala Belanda

Klapertaart ini ialah kue khas Belanda dengan beberapa sentuhan budaya dari Indonesia. Klappertaart pada prinsipnya mempunyai artian cake kelapa atau tart kelapa. Klapertaart dibuat dari kelapa muda, tepung, gula, susu, margarin, dan juga air kelapa. Kue ini umum disajikan pada kondisi dan keadaan dingin. Klapertaart sangat jadi favorit bagi banyak orang. Kenapa? Karena tekstur dan rasa manisnya juga teksturnya yang tegolong lembut.

Bertahan sampai dengan kurun waktu, 12 jam, asalkan dengan kemasan yang rapih dan dibungkus dalam wadah rapat lalu disimpan suhu dingin, Klapertaart akan dapat tetap menyimpan kelezatannya. Tapi, kalau Anda memutuskan untuk bawa oleh oleh khas Manado ini ke Jakarta melalui pesawat, sebenarnya Klapertaart dapat bertahan, asalkan ketika sampai di lokasi tujuan, Anda harus langsung memasukkannya ke dalam kulkas. Berkisar antara 15 ribu rupiah sampai dengan harga 60 ribu rupiah, Klapertaart dapat Anda beli tergantung ukurannya.

  1. Halua Kenari

Salah satu oleh oleh khas Manado yang bahan dasar utamanya adalah kacang kenari. Di Manado, kacang Kenari adalah tanaman yang subur dan dapat tumbuh di sekitar Sulawesi Utara. Dilapisi dengan gula merah yang telah dilebur sebelumnya, kacang Kenari sangat lezat.

Tidak cukup sulit menemukan kacang Kenari, cemilan favorit masyarakat dan penduduk Manado asli ini banyak dijual di toko oleh oleh khas Manado. Dipatok dengan harga bervariasi, antara 10 ribu sampai dengan harga 45 ribu rupiah, Halua kenari adalah kudapan yang bisa kamu santap bersama teman, kolega dan keluarga dengan ditemani secangkir kopi atau teh hangat. Lezat!

  1. Panada

Amat populer di penduduk asli Manado, popularitas Panada dapat menyaingin Klapertaart. Sebetulnya, Panada bukanlah oleh-oleh khas Manado, sebenarnya, Panada adalah makanan asli dari bangsa Portugis yang datang menjajah Minahasa beberapa abad yang lalu.

Nama Panada pada oleh-oleh khas Manado disadur dari kata empanada, artinya bisa menjadi ikan yang terbungkus rapih dengan lapisan roti.

Berbentuk tidak jauh berbeda dengan pastel, oleh-oleh khas Manado ini biasanya berisi ikan cakalang dengan bumbu panpis. Bumbu ini adalah ikan cakalang yang lebih dulu dimasak dengan campuran bawang merah, kemangi, cabe, daun jeruk serta bawang. Di banderol dengan harga cukup murah, kurang dari dua ribu rupiah saja.

Yap, sungguh sangat membuat air liur menetes bila membahas oleh-oleh khas Manado yang cita rasanya tidak bisa diragukan lagi lezatnya. Untuk Anda pribadi, lebih suka yang mana?

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Manado | pelancong newbie | 4.7
Loading...