Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Oleh-oleh Khas Jogja –  Dari Bakpia Hingga Gudek Kering, Semuanya Enak!

Joga dengan segala keindahan dan ciri khas yang dikandungnya memang tidak pernah tidak menyenangkan. Berbagai tempat dan objek wisata semuanya menarik untuk dikunjungi bila lokasinya berada di Jogja. Betul?

Apalagi, ditambah dengan keberagaman wisata kuliner yang ada disana, tentu memuaskan lidah, memanjakan perut dan mencuci mata adalah hal yang sangat mungkin anda lakukan di Jogja. Untuk itu, jangan lupakan perihal membeli Oleh-oleh Khas Jogja untuk orang yang anda kasihi. Kenapa? Agar setidaknya, berbagi kesenangan yang sudah anda alami di kota Jogja.

Karena itulah penulis sudah menyiapkan deretan Oleh-oleh Khas Jogja yang bisa anda jadikan patokan dan acuan untuk membelinya demi keluarga atau orang tersayang. Ini dia beberapa di antaranya.

  1. Bakpia – Oleh-oleh Khas Jogja Yang Wajib Dibeli

Sudah melekat dan tidak bisa dipisahkan dari Jogja. Oleh oleh Joga yang satu ini ibaratnya seperti tulang dan daging-nya Yogyakarta. Adalah kue yang dibuat dominan dari adonan tepung terigu dan isinya kacang hijau, Bakpia kemudian dimasak dengan metode pemanggangan sampai matang.

Pun, Bakpia amat erat kaitannya dengan budaya yang dibawa Tionghoa. Dahu kala, Bakpia ini biasanya berisi daging Babi. Namun, dengan datangnya pengaruh islam di Jogja. kini Bakpia menjadi makanan halal yang aman di konsumsi.

Terus berinovasi, penjual Oleh-oleh Khas Jogja terutama Bakpia tetap mengembangkan produk yang dijualnya. Terlihat, saat ini banyak varian rasa Bakpia yang anda bisa beli, bukan hanya kacang hijau saja, Bakpia berisi keju, coklat, kumbu hitam hingga duren dapat anda temui dengan mudah di Jogjakarta.

  1. Yangko – Oleh Oleh Joga Layaknya Mochi

Bisa dibilang, Yangko adalah kue Mochi khas Jogjakarta. Mirip sekali memang tekstur dan tampilan Yangko dengan kue Mochi. Terbuat dari dominan bahan tepung beras ketan, tekstur Yangko yang kenyal dengan isi kacang cincang dan cita rasa yang manis makin membuat Yangko layaknya saudara jauh kue Mochi.

Salah satu produsen kue Yangko di Jogja bernama Yangko Pak Prapto. Menurut penduduk sekitar, bisa dibilang pak Prapto adalah pencipta Oleh-oleh Khas Jogja generasi pertama. Karena beliau beroperasi sejak tahun 1921, lho!

Tertarik beli? Silakan datang langsung mengunjungi gerai Yangko Pak Prapto di Jalan Pramuka no. 82, Jogja.

  1. Geplak – Oleh-oleh Khas Jogja

Identik dengan kuliner yang mempunyai rasa yang kaya akan manis, bahkan hingga ke camilannya. Salah satu yang patut anda cicipi bila berkunjung ke Jojga adalah Geplak.

Terbuat khusus dari bahan daging kelapa yang kemudian dilakukan iris tipis lalu dimasak dengan tambahan racik campuran gula, Geplak adalah Oleh-oleh Khas Jogja yang memang harus bawa untuk keluarga di rumah dan orang yang dikasihi. Tersedia banyak varian rasa dan kaya akan warna cerah, tentu Geplak amat sedap dipandang mata.

  1. Gudeg Kering – Oleh-oleh Khas Jogja Anti Basi!

Suka dengan kuliner khas Jogja namun takut basi kalau dijadikan Oleh-oleh Khas Jogja yang untuk dibawa pulang? Ada solusinya, lho! Beli saja Gudek Kering.

Pada dasarnya, Gudek itu sebenarnya ada yang tergolong ke dalam gudeg kering dan juga gudek basah. Tak banyak perbedaannya, hanya lama proses memasak dan rasa yang cenderung lebih manis, gudek kering adalah rekomendasi penulis perihal Oleh-oleh Khas Jogja yang sangat khas. Selain itu, 3 hari disimpan dalam perjalanan pulang ke rumah tidak akan membuat gudek kering basi.

Yap, itu dia beberapa Oleh-oleh Khas Jogja rekomendasi penulis yang memang menyukai segala macam jenis wisata kuliner di kota Jogjakarta. Waduh, jadi kangen dengan Jogja nih penulis.

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Yogyakarta | pelancong newbie | 4.7
Loading...