Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Sistem PABX Pada Jaringan Telepon Telkom

Apa itu PABX?

Telkom – pixabay.com

Pernahkah Anda melakukan panggilan ke sebuah perusahaan, lantas terdengar suara operator yang memberi pilihan nomor ekstensi? Jika memang pernah, seperti itulah konsep PABX.

PABX atau Private Automatic Branch eXchange merupakan sebuah sistem yang dipakai untuk membagi satu nomor telepon menjadi beberapa line. Sejatinya, PABX lebih dikenal dengan nama switchboard yang nantinya dapat diatur sesuai kebutuhan—baik nomor ekstensi yang dipakai untuk setiap divisi atau mesin penjawab sebelum saluran disambungkan ke tujuan.

Jika pengelolaan telepon kabel berada di bawah Telkom, pemasangan PABX dapat dilakukan oleh perusahaan apa saja. Nantinya perusahaan tersebut akan bekerja sama dengan pihak telekomunikasi mengenai penyambungan line telepon.

Contoh Penggunaan PABX di Kantor

Telkom – rumahartikel.info

Agar lebih mudah dipahami, mari lihat contoh sederhana dari penggunaan PABX pada pemasangan telepon rumah di sebuah perusahaan A.

Perusahaan tersebut memiliki sepuluh divisi yang terletak di dua lantai gedung kantor. Setiap divisi memiliki tanggung jawab masing-masing. Jika perusahaan A memasang saluran telepon rumah untuk setiap divisi agar dapat berkomunikasi, perusahaan harus membeli sepuluh nomor. Hal itu tentunya akan sangat memberatkan. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan tidak sedikit. Belum lagi tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Maka, untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan A memasang sistem PABX dan hanya membeli satu nomor telepon rumah untuk nomor resmi perusahaan. Melalui sistem PABX tersebut, satu nomor akan dibagi menjadi 10 line atau lebih. Setiap divisi memiliki satu telepon rumah di dalam ruangan dengan ekstensi berbeda-beda.

Misal, untuk divisi HRD menggunakan ekstensi 001, sementara divisi Keuangan menggunakan ekstensi 002. Begitu pula dengan ruangan direktur yang biasanya mempunyai nomor ekstensi tersendiri. Hal ini dapat diatur dengan mudah. Bahkan, suara operator yang akan menjawab panggilan yang masuk pertama kali, sebelum diarahkan ke tujuan bagian internal kantor, dapat diatur. Selain menyebutkan nama perusahaan, operator juga dapat menyebutkan nomor-nomor ekstensi yang umum dijadikan tujuan telepon yang masuk dari luar. Seperti nomor ekstensi customer service, nomor ekstensi HRD, atau bagian marketing.

Hampir semua perusahaan besar di Indonesia memanfaatkan sistem PABX untuk pemasangan telepon kabel. Seperti PT Telekomunikasi Indonesia untuk menjawab panggilan pelanggan yang masuk baik untuk melakukan keluhan ataupun pengecekan tagihan.

Mengenai info pemasangan sistem PABX serta telepon rumah, Anda bisa melihatnya pada halaman info tentang Telkom di Traveloka atau dengan cara klik langsung link ini https://www.traveloka.com/bill-payment/telkom. Pada halaman tersebut akan dijelaskan lebih terperinci mengenai keuntungan penggunaan telepon rumah dengan memanfaatkan teknologi switchboard.

Fitur PABX

Telkom – perangkatkantor.com

PABX sendiri memiliki beberapa fitur yang dapat diterapkan setiap kali instalasi, seperti:

a) Call Pickup

Layanan ini berfungsi untuk mengalihkan panggilan ke ekstensi terdekat dalam satu grup, jika nomor ekstensi tujuan tidak diangkat.

Semisal, Anda menelepon layanan customer service PT Telkom Indonesia. Pertama kali panggilan diterima, Anda pasti akan diminta untuk memilih nomor ekstensi dan menunggu. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencari line customers service yang sedang kosong. Jika CS 1 sedang menjawab panggilan lain, sistem akan mengarahkan ke bagian CS 2, begitu seterusnya hingga menemukan line yang tidak sibuk. Hal ini terus berulang sampai limit waktu yang ditentukan untuk menjawab panggilan habis.

b) Call Back

Artinya panggilan akan langsung dilakukan ketika nomor tujuan sedang sibuk. Dengan catatan, penelepon melakukan hold terhadap panggilan yang dia lakukan.

Contoh sederhananya, Anda melakukan panggilan ke sebuah perusahaan berniat untuk menanyakan lamaran yang sudah dimasukkan. Setelah mengikuti operator, Anda menekan nomor ekstensi untuk bagian HRD. Namun, ternyata pada saat yang sama telepon bagian HRD sedang sibuk. Maka sistem akan meminta Anda untuk menekan tombol tertentu, kemudian status dalam keadaan on hook. Artinya, Anda diminta menunggu saluran tujuan selesai melakukan panggilan.

Ketika sambungan telepon pada HRD sudah terputus, sistem secara otomatis akan menghubungi Anda. Status akan berubah menjadi off hook. Anda dapat berbicara pada pihak HRD tanpa harus menekan nomor ekstensi lagi.

c) Hunting

Hunting adalah proses pendistribusian panggilan dari nomor tunggal ke beberapa ekstensi internal. Misal, ketika Anda menghubungi sebuah nomor perusahaan, operator manusia atau bagian resepsionis yang langsung menerimanya. Kemudian, setelah menanyakan keperluan menelepon, pihak resepsionis akan meminta Anda untuk menunggu. Umumnya, akan berisi sebuah lagu pengalih yang terdengar. Sementara pihak resepsionis menghubungi nomor ekstensi tujuan Anda pada bagian internal.

Keuntungan Memakai PABX

Telkom – infomeuae.com

Keuntungan yang didapat ketika memakai PABX adalah:

  1. Komunikasi antardivisi internal lebih mudah karena hanya menggunakan nomor ekstensi setiap kali melakukan pemanggilan.
  2. Menghemat biaya pengeluaran untuk tagihan telepon setiap bulan.
  3. Menghubungkan seluruh jaringan ekstensi telepon tanpa menggunakan jaringan sentral milik Telkom.

Dengan menggunakan sistem PABX (https://id.wikipedia.org/wiki/PABX) yang dipasang pada jalur internal telepon rumah maupun kantor, pembayaran tagihan ke Telkom pun akan lebih murah. Pasalnya, tarif panggilan internal berbeda dengan tarif panggilan normal. Jika tarif normal sebesar Rp300,00 per 2 menit di saat jam sibuk, tarif untuk panggilan internal lebih murah dari itu sehingga pengeluaran untuk membayar tagihan telepon pun tidak akan terlalu besar setiap bulannya.

Untuk masalah pembayaran, kini Anda sudah bisa memanfaatkan sistem billing yang ada pada Traveloka. Pembayaran dapat dilakukan melalui aplikasi maupun website. Anda cukup masuk ke akun yang sudah dibuat, kemudian klik pada bagian bill payment dan arahkan pada pembayaran untuk Telkom.

Masukkan nomor telepon dengan benar, maka Anda akan menerima total tagihan yang harus dibayar pada bulan tersebut. Jika data sudah benar, Anda bisa melanjutkan ke tahap proses pembayaran dengan satu klik ‘Lanjutkan/Continue’. Praktis dan mudah.

Sistem PABX Pada Jaringan Telepon Telkom | Anya | 4.7
Loading...