Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Tips Mengatasi Takut Gagal dalam Berbisnis

Seorang pebisnis pasti pernah mengalami kerugian, coba tanya mereka yang sudah sukses, tidak mungkin mereka tidak mengalami kerugian sepeser pun.

Takut akan kegagalan adalah wajar dimiliki setiap manusia, hampir semua orang menakutinya. Cohtohnya waktu kita masih SMA, kalau besok ujian atau ulangan akan merasa takut, nanti kalau tidak lulus bagaimana? Kalau nilai tidak tuntas bagaimana? Atau kalau kita besok menghadapi lomba, kalau kalah bagaimana?

Nah begitu juga didalam berbisnis atau berwirausaha, manusia berfikir, saya pengen sih berbisnis tapi takut gagal, saya pengen sih berwirausaha tapi takut rugi, kalau saya bangkrut bagaimana? Kalau saya gagal bagaimana?

Jadi belum melangkah saja sudah berpuluh puluh lapis takutnya yang membentengi anda sehingga anda takut untuk melangkah. Disini akan saya ulas beberapa tips yang saya ambil dari beberapa buku ternama “Berfikir dan Berjiwa Besar”dan “Badai Pasti Berlalu”.

Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal

Gagal? Senyumin aja hehe (C)Pixabay

Berani Mencoba (Take Action)

Ternyata manusia yang hanya berandai andai, merenung dan risau berlebihan tanpa melakukan apapun, maka itu akan mempertebal dan memperkokoh rasa takutnya. Contohnya, saya tidak bisa berenang, melihat kolam renang saja sudah takut. Hal yang harusnya dilakukan adalah diceburkan agar mencoba berenang, minimal anda sudah bisa mengapung walaupun merasa takut juga.

Begitu juga dalam berbisnis, ada dua kemungkinan kalau tidak gagal ya berhasil. Walaupun anda gagal, setidaknya anda pernah merasakan gagal, oh seperti ini to rasanya gagal, seperti ini to rasanya rugi. Nah anda harus berani mencoba agar tau hasilnya, kalau tidak berani maka kita akan ada diposisi nyaman terus dan tidak akan ada perubahan. Kalau sudah berani mencoba, walaupun gagal anda minimal sudah memiliki pengalaman dan ini akan berguna kelak saat anda menemui masalah seperti ini kembali.

Taukah anda thomas alfa edison saat menemukan lampu harus mengalami kegagalan eksperimen beribu ribuan hinggal meledak dan laboratoriumnya terbakar.

Percaya (Believe)

Anda harus punya keyakinan dengan cara mensugesti diri anda sendiri. Tidak ada orang sukses yang tidak memiliki keyakinan dalam dirinya. Tidak ada kesuksesan jika tidak ada keyakinan. Anda harus ikhlas jika terjadi kegagalan dan ini akan mengurangi beban anda. “Saya pasti bisa”, nah sugestilah diri anda setiap hari.

Belajar dari orang sukses

Belajar itu perlu, anda bisa mencari referensi biografi orang sukses atau mencari video di youtube tentang kesuksesan, niscaya anda akan tau rahasia sukses itu apa dan apa yang harus anda lakukan, apa yang harus anda kerjakan.

Dengan belajar dari orang sukses anda sudah tau poin poin yang harus dihindari saat berbisnis itu seperti apa saja. Untuk menghasilkan omzet yang besar itu seperti apa. Dan bagaimana caranya agar kita bisa meminimalisir kegagalan. Semua itu telah terangkum dalam buku dan biografi orang yang sukses. Maka belajarlah kepada orang yang telah sukses selagi bisa.

Nah itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan, semoga anda termotivasi dan segera memulai bisnis.

Jangan ragu, sebuah kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya, namun kesuksesan harus kita jemput.

Salam sukses, salam bisnis, salam luar biasa !

Tips Mengatasi Takut Gagal dalam Berbisnis | Mbok Omzet | 4.7
Loading...