Selamat datang di Brbagi.com Selamat berbelanja~

Lengkap! Cara Pembuatan Visa Korea Terbaru 2018

Semenjak demam K-Pop merebak secara global dengan musik dan filmnya, Korea Selatan telah menjadi salah satu destinasi paling favorit untuk traveling, tidak terkecuali pelancong tanah air. Korea Selatan memang memiliki “sihir” tersendiri untuk membuat para turis pergi ke sana.

UPDATE
Pengalaman apply Visa Korea Selatan Maret 2018

Saya baru saja apply visa Korea Selatan untuk saya dan 5 teman saya dan semuanya di Approved, saya mencoba share mengenai syarat dan cara apply visa Korea Selatan dimana pertanggal 02 Maret 2018 ada sedikit perubahan dalam syarat dan tata cara apply visa Korea Selatan:

1. Formulir Aplikasi Visa yg bisa didownload langsung di http://idn.mofa.go.kr. Pas Foto latar belakang putih ukur 3,5×4,5 langsung ditempelkan di form.

2. Passport Asli dan Foto Copy Passport halaman identitas. Apabila ada visa Amerika Serikat dan Visa Negara OECD di foto copy juga halaman visanya (jadi tidak perlu fotocopy lagi untuk halaman yg ada stempel imigrasi dan visa negara yg tidak termasuk OECD). Sekedar informasi yg menjadi negara anggota OECD diantaranya Korea Selatan, Jepang, Israel, Australia, USA dan beberapa negara Eropa jadi dengan kata lain kalo ada visa Schengen dilampirkan.

3. Surat Keterangan Kerja asli dalam bahasa Inggris atau bagi yg masih sekolah maka lampirkan Surat Keterangan Mahasiswa/pelajar dan untuk wiraswasta lampirkan FC SIUP. Saya juga melampirkan Surat Keterangan Cuti dari atasan saya.

4. Rekening Koran 3 bulan terakhir. Atau bisa juga Foto Copy buku tabungan transaksi 3 bulan terakhir. Sekarang tidak perlu melampirkan Surat Referensi Bank lumayan kan biayanya bisa buat tambahan jajan di Korea Selatan. Saya juga melampirkan Bukti potong kantor pajak PPh pasal 21.

5. Foto Copy kartu keluarga.
Semua dokumen disusun mengikuti urutan yg diatas biar petugas kedutaan yg memeriksa lebih cepat dan efisien. Tidak perlu melampirkan tiket pesawat, bookingan hotel dan itinerary.
Karena saya berdomisili di Manado maka saya minta bantuan agent di Jakarta untuk membawa dokumen2 tersebut di kedutaan Korea Selatan. Sekedar informasi mungkin per April 2018 untuk apply Visa Korea Selatan sudah tidak bisa diwakilkan lagi kecuali oleh keluarga dekat. Tapi menurut agentnya tunggu pengumuman resmi di web kedutaan Korea Selatan.

Berkas dokumen kami di masukan oleh agent saya tanggal 07 Maret 2018 dan bisa diambil kembali tanggal 15 Maret 2018 tp itu juga disuruh cek dulu di web kalo ke 6 visa kamu sudah selesai di proses atau tidak. Hari ini tgl 14 Maret 2018 jam 10 pagi kami ngecek status aplikasi ke 6 Visa kami semua di Approved ??? senangnya akhirnya kami bisa jalan2 ke Korea Selatan.

Anyway sekedar informasi sebenarnya kami sudah membeli tiket promo ke Seoul dari bulan Agustus tahun lalu. Dari 6 org yg apply kondisi passportnya beragam ada 2 org yg passportnya benar2 masih kosong dan baru dibuat bulan Januari lalu. Total dana tabungan mereka sekitar 15 juta. Dalam hal ini saya udh menyuruh mereka untuk maintenance dana ditabungan selama 3 bulan terakhir.

Ada yg passportnya hanya punya stempel ke Singapore dan Bangkok dengan kondisi dana ditabungan sekitar 20 juta.

Ada yg punya visa China dan Taiwan tapi rata2 tabungan kami sekitar 20an juta.
Kami ber 6, 5 diantaranya masih single dengan usia produktif dan 1 org sudah menikah. Untuk yg sudah menikah kalo dananya berasal dari diri sendiri tidak perlu melampirkan surat izin suami. Oh ia kami semua bekerja di perusahaan yang sama (bank swasta nasional)

Ayo teman2 yang mau apply visa Korea Selatan jangan ragu syaratnya udh lebih simple sekarang bahkan lebih simple dari syarat Visa Jepang.

Nih buktinya kalo udah di-approve hehehe


Kenapa Traveling ke Korea Selatan?

Tidak bisa dipungkiri banyak turis pergi ke sana karena terpengaruh demam K-Pop, tapi tidak sedikit juga yang memang benar-benar tertarik dengan berbagai macam destinasi wisata di sana. Negeri ginseng seakan tak pernah habis memancarkan pesonanya dengan wisata alamnya seperti di pulau Jeju yang dinominasikan sebagai salah satu bagian dari keajaiban dunia, pusat perbelanjaan di Seoul dan Incheon, serta berbagai tempat dengan nilai historis tinggi seperti istana Gyeongbokgung.

Nah, Anda tertarik tidak untuk traveling ke Korea Selatan? Kalau memang iya, sebaiknya Anda segera siapkan paspor dan juga visa. Untuk paspor, jika Anda memang gemar traveling, biasanya Anda sudah memilikinya. Tapi untuk visa, Anda harus membuatnya secara khusus untuk destinasi negara traveling tujuan. Lalu bagaimana sih caranya membuat visa Korea? Apa saja syaratnya? Berapa biayanya dan berapa lama estimasi pembuatannya? Yuk, mari kita lihat sama-sama informasinya di bawah ini.

Pendaftaran dan Pengajuan Pembuatan Visa

Seperti semua jenis visa, Anda diwajibkan untuk mengajukan pembuatan visa di kantor Kedutaan Besar negara yang bersangkutan, dalam hal ini tentunya Kedubes Korea Selatan yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Kantor Kedutaan Besar Korea Selatan sendiri menyediakan loket pengajuan visa yang buka pada hari kerja (Senin-Jumat) pada pukul 09.00 – 12.00. Sedangkan untuk pengambilannya, jika visa Anda sudah selesai nantinya, bisa dilakukan pada hari kerja pukul 13.30 – 16.30.

Untuk lama pembuatan visa Korea adalah kurang lebih selama 5 hari. Akan tetapi, menurut pengalaman, pembuatan visa bisa memakan waktu lebih lama karena berhubungan dengan antrian orang yang ingin membuat visa, kelengkapan dokumen, dan juga ada kemungkinan diadakan interview jika memang dirasa dibutuhkan. Sebagai tambahan informasi, ada yang pernah membuat visa dan memakan waktu hingga 1 bulan sampai visa selesai. Jadi ada baiknya Anda membuat visa jauh-jauh hari sebelum Anda menjadwalkan keberangkatan traveling Anda untuk menghindari kacaunya rencana perjalanan Anda. Paspor Anda akan menjadi syarat utama pembuatan visa, dan oleh karenanya, selama masa pembuatan visa sampai selesai, paspor tidak boleh digunakan untuk kepentingan yang lain.

Berapa Sih Biaya Pembuatan Visa Korea?

Untuk masalah biaya pembuatan, besarnya tergantung jenis visa yang dibuat dan juga masa berlakunya. Sebagai contoh, single visa atau visa untuk kunjungan sekali dengan durasi kunjungan di bawah 3 bulan, besar biayanya adalah Rp 544.000. Untuk single visa dengan kunjungan lebih dari 3 bulan, dikenakan biaya Rp 840.000. Sementara untuk multiple visa yang bisa digunakan untuk kunjungan berkali-kali dalam rentang waktu 3 tahun, besar biayanya adalah Rp 1.260.000. Sedangkan double visa atau visa Korea yang bisa digunakan untuk 2 kali kunjungan dengan masa berlaku 6 bulan dikenakan biaya pembuatan sebesar Rp 980.000. Perlu Anda ketahui juga, besar biaya visa yang sudah dibayarkan, tidak dapat dikembalikan atau diminta kembali dengan alasan apapun jika Anda membatalkan proses pembuatan atau pengajuan visa Anda ditolak oleh Kedubes Korea Selatan.

Persyaratan yang Harus Disiapkan

Persyaratan paling utama adalah menyerahkan paspor asli dan juga fotokopinya yang mencakupi halaman identitas Anda dan juga halaman yang berisi cap-cap negara yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Kemudian Anda juga diwajibkan mengisi formulir aplikasi pembuatan visa Korea. Bawa juga satu lembar foto dengan ukuran 4×6 untuk ditempel di formulir. Jika Anda sudah berkeluarga, Anda juga diwajibkan menyerahkan Kartu Keluarga atau dokumen apapun yang bisa membuktikan bahwa Anda sudah berkeluarga seperti buku nikah. Jika Anda belum berkeluarga, Anda tidak perlu melakukan persyaratan ini.

Jika Anda bekerja, Anda diwajibkan menyerahkan surat keterangan kerja dari tempat Anda bekerja dan juga menyerahkan Salinan SIUP tempat Anda bekerja. Jika Anda masih pelajar atau mahasiswa, surat keterangan sebagai pelajar atau mahasiswa wajib diserahkan. Syarat berikutnya adalah fotokopi bukti keuangan Anda. Bisa berupa rekening tabungan atau slip gaji terakhir. Atau, bisa juga menyerahkan Salinan surat pajak tahunan, surat Pajak Bumi dan Bangunan, atau bukti tunjangan pensiun. Yang terakhir adalah melampirkan surat pernyataan pajak di atas materai.

Lengkap! Cara Pembuatan Visa Korea Terbaru 2018 | pelancong newbie | 4.7
Loading...